Lagu Daerah Makassar

4 min read

lagu daerah makassar

Lagu Daerah Makassar – Indonesia dikenal memiliki banyak sekali lagu daerah, hal ini dikarenakan ragam budaya dan adat istiadat yang ada di negara ini.

Berbagai macam lagu daerah seperti lagu daerah Makassar, Bandung, Yogyakarta, Padang, Medan, Lombok, dan masih banyak lagi. Mencintai Tanah Air dengan mulai mendengar lagu-lagu daerah dapat menumbuhkan nilai-nilai yang baik di kehidupan bermasyarakat.


Definisi Lagu Daerah

Lagu Daerah Makassar

Lagu daerah adalah lagu yang dinyanyikan masyarakat dengan bahasa daerah tertentu. Selain itu lagu ini memiliki lirik dan instrumen yang sederhana, tidak terlalu variatif dengan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti dan dipahami namun memiliki makna yang mendalam.

Biasanya lagu daerah bermakna tentang kehidupan sehari-hari masyarakat. Uniknya lagu daerah biasanya tidak memiliki pencipta karena sifat lagu tidak mengekpresikan perasaan perorangan namun memiliki pesan yang tujukan pada masyarakat umum.

Lagu daerah dibedakan menjadi 2 menurut sifat dan asalnya, yaitu lagu rakyat dan klasik. Lagu rakyat merupakan lagu yang asalnya dari rakyat di daerah tertentu yang cara menyampaikannya biasanya dari mulut ke mulut/lisan maupun tulisan. Dalam lagu ini biasanya mengekpresikan perasaan. Seperti lagu untuk pernikahan, kematian atau acara adat lainnya

Sedangkan lagu klasik merupakan lagu yang dikembangkan di pusat pemerintahan lama dan di nilai lebih agung dari lagu rakyat saat dibawakan. Biasanya diterapkan pada upacara-upacara adat kerajaan.

Baca Juga: Lagu Daerah Palembang


Ciri-Ciri Lagu Daerah

Lagu Daerah Makassar

Lagu daerah memiliki ciri khas sebagai penanda antara lagu daerah yang satu dengan yang lainnya, lirik tiap lagunya juga pasti berbeda sesuai dengan bahasa, gaya, dan tradisi daerah masing-masing. Syair dan melodi yang dibawakan juga khas daerah, misalnya saja lagu daerah Makassar dengan musiknya yang lembut. Lagu daerah biasanya memiliki sifat informal karena lirik di dalamnya memiliki makna tidak terlalu serius. Namun pengecualian untuk lagu yang dijadikan upacara tertentu.

Karena merupakan seni, maka lagu daerah juga melibatkan alat-alat musik tradisional di suatu daerah. Misalnya saja lagu daerah Sunda dengan alat musiknya Karinding, Degung, dan masih banyak lagi. Lagu daerah adalah bagian dari budaya masyarakat dan karakter daerah itu sendiri, maka tak heran seseorang bisa menebak suatu lagu berasal dari daerah mana.

Lagu ini tidak memiliki notasi karena memang tak ada catatan yang tertuang di dalam kertas dan dipelajari secara lisan lalu dijadikan warisan turun-temurun. Karena mudah dipelajari dan dipahami masyarakat, lagu daerah tak hanya bisa dinyanyikan oleh masyarakat suatu daerah tertentu. Bahkan pelaku seni mampu menyanyikan beragam lagu daerah, tarian, dan alat musiknya.


Fungsi Lagu Daerah

Lagu Daerah Makassar

Lagu kerap dijadikan sarana hiburan, begitu pula lagu daerah yang mampu mengubah suasana hati menjadi semakin ceria. Bahkan tak jarang, di suatu daerah menampilkan pertunjukan seni untuk lagu dan tarian daerah. Pencipta lagu biasanya mampu menyatukan apa yang tengah ia rasakan dengan lirik lagu, hal ini membuat lagu daerah bisa menjadi salah satu cara komunikasi yang baik di masyarakat. Banyak juga lagu daerah yang dijadikan media bermain bagi anak-anak, namun hal ini sudah sangat sulit ditemukan di masa sekarang kecuali saat acara tertentu misalnya semacam festival budaya.

Manusia yang memiliki kreativitas tinggi dan tak terbatas mengolah lagu sebagai sarana untuk menyambung ekonomi melalui lagu-lagu daerah. Melalui pertunjukan tunggal ataupun kelompok biasanya penyanyi lagu daerah kerap di undang pada acara formal ataupun informal dan mendapatkan bayaran tertentu di setiap penampilannya.

Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup pelaku seni. Lagu daerah juga berfungsi sebagai pengiring tarian tradisional. Lagu dan tarian memang tidak bisa dipisahkan, setiap gerakan tari dipengaruhi oleh ketukan alat musik dan lirik lagu yang memiliki makna tertentu.

Baca Juga: Lagu Daerah Lampung


Beberapa Lagu Daerah Makassar Dan Penjelasannya

Lagu Daerah Makassar

Seperti daerah lain, Makassar juga memiliki lagu daerah tersendiri yang tentunya berbeda dengan daerah lain. Apa saja lagu daerah yang berasal dari Makassar? Berikut ini beberapa contoh dan penjelasannya :

1. Anging Mamiri

Battumi anging mammiri
Anging ngerang dinging-dinging
Namalantang saribuku

E..aule…
Mangerang nakku
Nalo’lorang… nalo’lorang je’ne mata

Anging mammiri ku pasang
Pitujui tontonganna
Tusarroa takkaluppa

Lagu daerah Makassar yang sangat populer dan fenomenal adalah lagu Anging Mamiri yang maknanya sarat akan kerinduan. Diciptakan oleh Bora D. G. Irate. Anging Mamiri sendiri memiliki makna yaitu wahai angin. Menceritakan tentang seorang gadis yang sangat rindu pada kekasihnya yang jauh di mata hingga membuat tidak tenang. Gadis tersebut sering duduk di jendela menyanyikan syair lagu tentang sayang dan kerinduan, berharap angin membawa pesan rindunya kepada sang kekasih.

Tak hanya itu saja, sebelum memejamkan mata sang gadis masih menyebutkan nama kekasihnya dan masih berharap kekasihnya muncul. Keajaiban ternyata menghampiri, selang beberapa hari sang pacar telah kembali dari perantauan dan bertemu dengannya. Lalu cerita mulai menyebar dan membuat lagu ini dikenal hingga pelosok negeri tak hanya rakyat Makassar saja.

2. Ati Raja

Se’re se’reji batara baule
Ati raja nakijai panganroi baule
Rajale Alla kereaminjo
Ati ati ati raja
Nitarima pappala’na baule

Mannamo ki’minasai baule
Ati raja kipanai ripalata baule
Rajale Alla ta’balle tonji
Ati ati ati raja
Kabatara tangkellai baule

Lagu yang memiliki makna mendalam tentang rasa syukur pada Tuhan yang Maha Esa. Menegaskan bahwa hanya Tuhan yang mampu mengabulkan segala permintaan, maka sudah sewajarnya manusia hanya meminta pada sang Pencipta. Ati Raja diciptakan oleh Hoe Eng Djie seorang Cina Perantauan yang sudah menetap di Makassar sejak anak-anak. Pria ini memang menyatu pada seni musik Makassar, ia prihatin pada persoalan diskriminasi pada warga peranakan Cina yang dilakukan oleh Pribumi.

3. Pakarena

Ika teri tura tea bau
Adat taman  io loa sayang
E aule pakarenaya
Pakarena ya labiriri pagaukang

Ika tebu tara teang
Punania pagaukang sayang
E aule suku Bajina
Suku Bajina punna nia pakarena

Pakarena Le’ngok Le’ngok Bau
Paganrang aMikki Mikki sayang
E Aule Papui’ Pui’
Papui’ Pui Sa’ge Rapa’ Sulengkana

Adalah lagu daerah Makassar yang dari judulnya bermakna laki-laki. Namun arti lanjutannya adalah laki-laki yang memiliki kepintaran melakukan banyak permainan. Diceritakan dalam lagu ini, 2 penghuni negeri yang berbeda yaitu boting langit (penghuni kahyangan) dan penghuni lino (bumi) menunggu detik-detik perpisahan negeri.

Nah saat itu, boting langit mengajari penghuni lino cara bercocok tanam, beternak dan berburu hewan yang gunanya adalah untuk bertahan hidup. Pakarena juga dijadikan sebagai pengiring tarian dengan nama yang sama. Yang dalam setiap gerakan tarinya memiliki arti mendalam.

4. Anak Kukang

Kukana tuni pela tuni buang ritamparang
Tuni ayukkan rije’ne narampung tau maraeng
Caddi caddi dudu in’ja nana pellaka ammaku
Mantang mama ka’leka’le tu’guru je’nne matanku

Aule sa’resa’re na i kukang sayang
Sa’re tenama kucini lino empo tenama te’nena

Aule sa’resa’re na i kukang sayang
Sa’re tenama kucini lino empo tenama te’nena

Lagu ini menceritakan tentang seorang anak yang hidup sebatang kara di dunia. Anak ini hidupnya cukup menyedihkan karena ketika kecil ia dibuang ke sungai dan dipungut orang lain. Setiap kali ia mengingat tentang sang ibu air matanya selalu menetes keluar, takdir kejam telah memilih anak itu untuk terpisah dari orang tua kandung.

Meski lagu ini bercerita tentang kesedihan yang mendalam, tapi banyak yang suka karena liriknya mudah di pahami dan orang-orang seolah mampu merasakan apa yang juga tengah dirasakan oleh si anak dalam lagu tersebut.


Pentingnya Mengenal Lagu Daerah Bagi Masyarakat Makassar

Lagu d

Lagu Daerah Makassar

aerah Makassar umumnya memiliki makna yang mendalam. Mengenal lagu daerah berarti membantu masyarakat mengenal budaya dan adat istiadat di daerah sendiri. Kisah-kisah yang diceritakan dalam lagu-lagu memberikan pesan positif khususnya pada anak-anak di bangku sekolah yang haus akan ilmu. Memperkenalkan budaya dengan metode lagu cukup menyenangkan untuk para siswa. Apalagi menyanyikan lagu daerah di kondisi yang tepat, mampu membuat lagu tersebut tetap terjaga kini dan nanti.

Itulah tadi pengenalan tentang lagu daerah Makassar. Diharapkan lagu-lagu daerah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya mencintai budaya daerah melalui lagu. Agar nantinya lagu daerah Makassar tetap dilestarikan oleh generasi penerus bangsa.

Lagu Daerah Makassar

Lagu Daerah Palembang

Vera Apriani
5 min read

Lagu Daerah Maluku

Vera Apriani
5 min read

Lagu Daerah Lampung

Vera Apriani
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *