Lagu Daerah Kalimantan

5 min read

lagu daerah kalimantan

Lagu Daerah Kalimantan – Kalimantan, provinsi dengan ragam kebudayaan etnis yang bisa dijumpai. Banyak ragam adat budaya yang terkenal hingga mancanegara. Tari-tarian, busana adat, hingga lagu daerah Kalimantan menjadi kekayaan etnis di pulau dengan sebutan Borneo ini.

Terbagi dalam lima provinsi dan beberapa daerah, membuat setiap wilayahnya memiliki keunikan masing-masing. Keunikan lagu daerah di Kalimantan disebabkan oleh keragaman bahasanya.

Setiap daerah selalu memiliki ciri khas dan hingga sekarang tetap dilestarikan. Meskipun satu atap Kalimantan, keragaman lagunya pun berbeda-beda tiap daerahnya. Sebagai warga Indonesia, sudah seharusnya mengenal lagu daerah.


Ragam Lagu Daerah di Provinsi Kalimantan

Lagu Daerah Kalimantan

Dengan pembagian lima provinsi, Kalimantan memiliki beberapa lagu daerah. Di setiap provinsinya memiliki lebih dari dua lagu daerah. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lagu daerah di setiap provinsi di Kalimantan.

1. Kalimantan Barat

Cik cik periuk bilanga sumping dari jawe
Datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook
Cik cik periuk bilanga sumping dari jawe

Datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook
Cak bur dalam bilanga picak iddung gigi rongak
Sape kitawa dolok dipancung raja tunggal

Daerah barat Kalimantan ini memiliki lagu daerah yang sangat populer. Salah satunya cik cik periok. Lagu cik cik periok sendiri memiliki makna mendalam khususnya bagi masyarakat Sambas. Cik cik periok sendiri adalah sebuah sindiran secara halus oleh masyarakat Sambas pada zaman dahulu terhadap para pendatang.

Kala itu sindiran ini ditujukan pada tentara jawa yang mengenakan pakaian Hindia Belanda. Sehingga waktu itu para tetua dan warga Sambas berpandangan bahwa apapun yang berasal dari Jawa adalah tidak baik. Selain cik cik periok ada beberapa lagu daerah lainnya yang cukup terkenal.

Antare Kapuas, lagu daerah yang satu ini merupakan lagu daerah dengan tema alam serta religius. Menceritakan pemandangan di daerah Kalimantan Barat dengan Mesjid Raya nya yang berdiri tegak. Tidak hanya itu, dalam sepenggal lirik lagunya juga mendeskripsikan tentang suasana sungai dengan sampan yang menambah indahnya pemandangan alam.

Di samping dua lagu tersebut, ada lagu daerah lainnya yang tentunya harus di ketahui. Beberapa diantaranya adalah, Bantelan, Masjid Jami, Alun Alun, Aek Kapuas dan Alok Galing. Lagu-lagu daerah tersebut hingga kini masih tetap terjaga dan dilestarikan oleh masyarakat Kalimantan Barat.

2. Kalimantan Tengah

Pakat Mamangun Mahaga Lewu
Lewu maju kasanang maningkat

Tagal nahuang maraup amas
Lanting sedot mangarak baras
Himba pahewan lepah talampas
Metu karayap galabah uras

Ela laya yo ela laya
Mamangun mahaga lewu
Sanang mangat eka kahimat
Bahu himba

Sebagai wujud karya seni yang diselimuti budaya khasnya. Kalimantan Tengah turut menyumbangkan beberapa lagu daerah untuk kekayaan budaya bangsa Indonesia. Dengan kearifan budayanya, setiap adat budayanya dituangkan dalam lirik lagu yang yang indah.

Salah satu lagu daerah Kalimantan tengah yang terkenal adalah Mamangun Mahagu Lewu. Dalam lirik lagu ini berisikan suatu petuah dari para tetua jaman dahulu kepada siapapun yang mendengarnya. Nasihatnya yang memperingatkan agar tidak lalai dalam segala tindakan merupakan pesan yang coba disampaikan dalam lagu ini.

Ditegaskan dalam lagu ini bahwa setiap orang tidak boleh lalai. Karena jika lalai dalam tindakan maka hidupnya akan mendapat lewu, atau yang dalam bahasa Indonesia adalah kekacauan. Sehingga para leluhur ingin memberikan motivasi agar setiap orang memiliki sikap disiplin.

Selain Mamangun Mahagu Lewu, ada beberpa lagu daerah lainnya. Yaitu Oh Indang Oh Apang, Tumpi Layu, Naluya, Ka Danau, Isen Mulang, dan Manauk Manjala. Semua lagu tersebut memiliki arti dan pesan masin-masing.

3. Kalimantan Utara

Inindang….. inindang… 2X
inindang….. inindang… 2X
i yadu yaki bebilin yadu yaki 2X
bebilin yadu yaki 2X
Suboi no labu bedilit 2X
Penembayuk de no fikir 2X
impeng de lunas insuai 2X

i yadu yaki bebilin yadu yaki 2X
Manongku te ganak kandis 2X
layau pegadan ku gino 2X
Tembelayan awoi lumot 2X
batang tembaloi ku gino 2X
i yadu yaki bebilin yadu yaki 2X

i yadu yaki bebilin yadu yaki 2X
Manongku te ganak kandis 2X
layau pegadan ku gino 2X
Tembelayan awoi lumot 2X
batang tembaloi ku gino 2X
i yadu yaki bebilin yadu yaki 2X

Sapu tangan jingga-jingga 2X
Mapit kegulu injakin 2X
Buwoi nio kati intamu 2X
Betapap maya bedindang 2X
I yadu yaki bebilin yadu yaki 2X
I yadu yaki bebilin yadu yaki 2X
I yadu yaki bebilin yadu yaki 3X

Sebagai salah satu daerah Indonesia yang kaya akan budaya, Kalimantan Tengah pun memeliki keragaman tersebut yang tetap lestari. Provinsi yang memiliki ragam suku dan bahasa ini merupakan provinsi baru. Selain suku dan bahasa, Kalimantan Tengah memiliki lagu daerah yang penuh akan makna.

Bebilin/Bebalon, merupakan  lagu daerah yang cukup terkenal dari Kalimantan Tengah. Dalam lagu ini, penciptanya memberi nasihat agar tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan demi menjaga keutuhan dari sebuah perpecahan.

Lirik dalam lagu ini juga mengharuskan bahwa setiap orang harus mempunyai kepribadian yang sejati walaupun tidak memiliki apapun. Ini merupakan sebuah keharusan dalam menjaga kehormatan diri. Dalam lagu ini pula diberikan nasihat agar seseorang memiliki cita-cita setinggi langit.

Selain Bebalon, ada lagu daerah yang juga tak kalah terkenal. Yaitu Pinang Sendawar, dan Tuyang. Di Kalimantan utara, jumlah lagu daerah tak sebanyak provinsi lainnya.

4. Kalimantan Selatan

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi dihurung bari-bari
Masak sabigi dihurung bari-bari
Mangga lepak mangga lepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya canculupan
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya canculupan
Jari kaki sintak dahuluakan masak
Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi dihurung bari-bari
Masak sabigi dihurung bari-bari
Mangga ricak mangga ricak
Patah kayu bengkok
Tanduk sapi tanduk sapi kulibir bawang
Nang mana batis kutung dikitip bidawang

Berbeda dengan lagu daerah di provinsi lainnya, mungkin banyak masyarakat yang telah akrab dengan lantunan lagu daerah asal Kalimantan Selatan. Di daerahnya sendiri, lagu daerah nya kerap kali diperdengarkan baik melalui radio dan televisi.

Siapa yang tak kenal lagu Ampar-ampar Pisang, lagu daerah Kalimantan yang satu ini sangat populer semenjak dibawakan oleh band Radja. Lagu ini pun walau sederhana memiliki makna tersendiri. Diceritakan dalam lagu ini tentang cara pembuatan sebuah kue khas dari Kalimantan Selatan.

Dalam lirik lagu ini diceritakan tentang proses pisang yang sedang dijemur dan dikelilingi binatang bari-bari. Binatang kecil ini sangat menyukai aroma manis dari pisang. Di akhir lirik lagu, ada sepenggal lirik ‘dikitip bidawang’. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya adalah digigit biawak.

Nah makna akhir lagu itu adalah untuk menakut-nakuti anak-anak kecil yang kerap mencuri pisang yang tengah dijemur tadi. Pada intinya, lagu ini memberikan tauladan agar setiap orang menghargai sebuah proses.

Tidak hanya Ampar-ampar Pisang, ada beberapa lagu daerah lainnya yang populer. Paris Barantai, Ampat Lima, Baras Kuning, serta Sapu Tangan Babuncu Ampat adalah lagu-lagu daerah asal Kalimantan Selatan yang hingga kini tetap lestari.

5. Kalimantan Timur

Indung Indung Kepala Lindung
Hujan Di Udik Di Sini Mendung
Anak Siapa Pakai Kerudung
Mata Melirik Kaki Kesandung

La Haula Wala Kuwwatta
Mata Melihat Seperti Buta
Tiada Daya Tiada Upaya
Melainkan Tuhan Yang Maha Esa

Aduh Aduh Siti Aishah
Mandi Di Kali Rambutnya Basah
Tidak Sembahyang Tidak Puasa
Di Dalam Kubur Mendapat Siksa

Duduk Goyang Di Kusi Goyang
Beduk Subuh Hampir Siang
Bangunkan Ibu Suruh Sembahyang
Jadilah Anak Yang Tersayang

Daerah yang terkenal dengan Bahasa Banjar nya ini memiliki ragam budaya yang tak kalah menarik dari provinsi Kalimantan lainnya. Di provinsi ini juga kaya akan sumber daya alam yang melimpah. Sarat dengan beberapa hal tersebut, maka lagu daerahnya pun juga memiliki makna yang kental dengan budaya serta kekayaan alam Kaltim.

Indung-indung jadi salah satu lagu daerah yang cukup populer. Dalam lirik lagu ini ada pengajaran tentang sopan santun. Lirik ‘anak siapa pakai kerudung’ merupakan sepenggal lirik yang mengajarkan tentang adab berpakaian dalam suatu agama.

Selain norma kesopanan, dalam lagu ini kental juga tentang hal berbau keagamaan. Tujuannya pun agar setiap orang menghargai dan taat kepada Sang Kuasa. Selain itu ada beberapa lagu daerah lainnya. Ada Burung Enggang, Ayen Sae, Andang Sigurandang, Sorangan, serta Lamin Talasur.


Fungsi Lagu Daerah

 

Tak dipungkiri lagi, bertajuk lagu daerah, namun didalamnya banyak pesan-pesan yang ingin disampaikan penciptanya. Kental dengan bahasa cenderung ke Melayunya, Kalimantan memang terkenal dengan lagu daerah yang berisikan nasihat-nasihat serta petunjuk kehidupan. Jumlah lagu daerah di setiap provinsinya pun tidak sama, begitu juga maknanya.

Namun dari kesekian banyak lagu daerah Kalimantan tujuan penciptaannya adalah sama. Memberikan petuah kehidupan dengan membawakannya melalui instrument musik. Ini bertujuan agar penyampaiannya lebih mengena ke dalam jiwa pendengarnya. Mulai dari petunjuk kehidupan sosial, keagamaan, norma kesopanan serta hukum adat, hampir semua terkandung dalam lagu daerah ini.


Manfaat Mengetahui Lagu Daerah

 

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika mengetahui tiap lagu daerah. Lagu daerah asal pulau Borneo misalnya, terlepas dari tujuan diciptakannya. Sebenarnya jika paham lirik dan tidak hanya mendendangkannya saja maka banyak manfaat yang kita peroleh.

  • Yang pertama jelas, sebagai warga negara Indonesia, tentunya akan menambah keragaman lagu daerah di setiap wilayahnya
  • Menjadikan warga negara dengan sikap menghargai setiap kebudayaan yang ada pada setiap wilayahnya
  • Menambah list lagu daerah yang bisa dihafalkan sebagai warga negara yang mencintai budayanya
  • Mengetahui pesan-pesan tersirat dalam setiap lagu daerah
  • Dapat mendendangkan lagu daerah di wilayah lain agar budaya tiap daerahnya dapat saling mengahrgai melalui kekuatan musik.

Nah itulah beberapa informasi terkait lagu daerah Kalimantan. Kekayaan budaya di setiap provinsi Kalimantan memang menjadi poin tersendiri bagi negara Indonesia. Tentunya lagu daerah ini harus tetap lestari dan dijaga. Dengan tetap melestarikan lagu daerah, diharapkan lagu ini tidak kalah dengan lagu-lagu jaman sekarang.

Lagu Daerah Kalimantan