Lagu Daerah Kalimantan Utara

4 min read

lagu daerah kalimantan utara

Lagu Daerah Kalimantan Utara – Perlu diketahui bahwa Kalimantan merupakan salah satu pulau yang sangat terkenal akan budaya-budayanya yang unik dan mengagumkan.

Pulau Kalimantan memiliki 5 provinsi dan salah satunya bernama provinsi Kalimantan Utara. Kelima provinsi tersebut tentunya memiliki keunikan dan keberagaman budaya yang mengagumkan.

Dalam penjelasan kali ini akan membahas informasi tentang Kalimantan Utara serta makna dan cara menyanyikan lagu daerah Kalimantan Utara “Bebilin”. Bagi yang ingin mengenal lebih jauh tentang Kalimantan utara, berikut adalah penjelasannya.


Sekilas Tentang Kalimantan Utara

Lagu Daerah Kalimantan Utara

Perlu diketahui bahwa Kalimantan Utara merupakan sebuah provinsi yang berada di Pulau Kalimantan bagian utara. Kalimantan utara sering disebut juga dengan sebutan Kaltara. Perlu diketahui bahwa provinsi Kalimantan Utara ini berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Seperti halnya provinsi lain, Provinsi Kalimantan Utara juga memiliki pusat pemerintahan yakni berada di Kota Tanjung Selor.

Kalimantan Utara ini merupakan sebuah provinsi termuda yang ada di Negara Indonesia. Pengesahan provinsi Kalimantan Utara ini dilakukan dalam rapat paripurna DPR yakni pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan UU No. 20 tahun 2012. Luas dari provinsi Kalimantan Utara ini adalah sekitar 75.467,70 km persegi. Dengan luas wilayah tersebut, Kalimantan Utara memiliki total populasi sebanyak 691.058 jiwa.

Setiap provinsi di Indonesia memiliki ciri khas dan kebudayaan masing-masing seperti di Kalimantan Utara sendiri memiliki rumah adat yang khas yaitu Rumah Baloy dan Lamin Adat. Tak hanya itu, Kalimantan utara juga memiliki senjata tradisional yang unik bernama Mandau. Selain itu ternyata lagu-lagu daerah Kalimantan Utara yang cukup unik dan enak didengar.

Baca Juga: Lagu Daerah Jawa Tengah


Makna Dari Lagu Bebilin

Lagu Daerah Kalimantan Utara

Inindang….. inindang… 2x
inindang….. inindang… 2x

bebilin yadu yaki 2x
Suboi no labu bedilit 2x
Penembayuk de no fikir 2x
impeng de lunas insuai 2x
i yadu yaki bebilin yadu yaki 2x

Manongku te ganak kandis 2x
layau pegadan ku gino 2x
Tembelayan awoi lumot 2x
batang tembaloi ku gino 2x
i yadu yaki bebilin yadu yaki 2x

Sapu tangan jingga-jingga 2x
Mapit kegulu injakin 2x
Buwoi nio kati intamu 2x
Betapap maya bedindang 2x
I yadu yaki bebilin yadu yaki 2x

i yadu yaki bebilin yadu yaki 2x
Manongku te ganak kandis 2x
layau pegadan ku gino 2x
Tembelayan awoi lumot 2x
batang tembaloi ku gino 2x
i yadu yaki bebilin yadu yaki 2x

Sama halnya seperti provinsi-provinsi lain yang ada di Negara Indonesia, provinsi Kalimantan Timur ini juga memiliki lagu-lagu daerah, salah satunya adalah Bebilin. Mungkin banyak yang belum tahu dan paham dengan lagu daerah Kalimantan Utara yang berjudul Bebilin.

Perlu diketahui bahwa lagu Bebilin atau yang biasa disebut dengan bebalon ini merupakan sebuah lagu yang berisi tentang nasehat. Lagu Bebilin ini menjadi lagu yang cukup populer di provinsi Kalimantan Utara. Hal tersebut dikarenakan, lagu Bebilin ini mempunyai arti dan makna yang mendalam.

Lirik yang ada dalam lagu Bebilin tersebut berisi tentang perintah atau anjuran untuk selalu mengedepankan persatuan, kesatuan dan kedamaian. Jadi dalam lagu Bebilin tersebut, mengajak semua masyarakat agar dapat menghindari perpecahan dan perselisihan.

Lirik dalam lagu Bebilin tersebut seolah-olah mewakili sebuah peribahasa yang berbunyi bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Jadi seluruh masyarakat Indonesia harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan agar tidak terjadi perpecahan yang nantinya dapat menghancurkan sebuah negara.

Selain itu, lirik dalam lagu Bebilin ini juga memiliki makna bahwa setiap orang wajib memiliki harga diri dan jati diri walau tidak memiliki harta yang berlimpah. Jadi semua masyarakat entah itu dari kalangan menengah atas atau menengah kebawah harus mempunyai sebuah kehormatan.

Perlu diketahui bahwa  kehormatan merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat Kalimantan Timur. Tak hanya itu, lagu daerah Kalimantan Utara yang satu ini juga memiliki makna yang sangat penting yaitu setiap orang harus mempunyai cita-cita yang tinggi.

Selain itu, setiap orang juga harus memiliki kemampuan dalam hal memecahkan sebuah masalah yang dihadapi. Masalah tersebut nantinya harus dapat diselesaikan dengan cara yang mudah dan tidak gegabah. Jadi, jika ada sebuah masalah yang menimpa, alangkah baiknya untuk diselesaikan terlebih dahulu, jangan malah ditinggalkan dan diabaikan.

Baca Juga: Lagu Daerah Sulawesi Utara


Cara Menyanyikan Lagu Bebilin

Lagu Daerah Kalimantan Utara

Setelah mengetahui makna dari lagu daerah Kalimantan Utara yang berjudul Bebilin, maka kini saatnya untuk mengetahui cara menyanyikan lagu Bebilin yang tepat dan benar. Bagi yang ingin menyanyikan lagu Bebilin, berikut merupakan beberapa penjelasan tentang cara menyanyikan lagu Bebilin yang tepat dan benar :

1. Aturlah Postur Menyanyi Yang Benar

Saat bernyanyi lagu daerah Kalimantan Utara yang berjudul Bebilin, alangkah baiknya untuk menjaga bahu agar tetap  tegap dan jangan biarkan bahu melorot ke depan. Selain itu, gunakanlah bahu untuk membusungkan dada ke depan. Hal tersebut nantinya bertujuan agar paru-paru dapat memiliki ruang untuk menambah oksigen.

Saat bernyanyi, posisi kepala juga harus tegak dan posisi dagu juga harus sejajar dengan lantai. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga jalan udara di tenggorokan agar dapat terbuka dengan mudah. Perlu diketahui bahwa melihat ke bawah dan ke atas saat menyanyi dapat mengakibatkan pita suara menjadi tegang dan dapat membatasi kemampuan bernyanyi seseorang.

Agar dapat bernyanyi dengan benar dan lancar, alangkah baiknya untuk merilekskan semua persendian. Kendurkanlah lutut dan siku, agar saat menyanyi tubuh tidak terlihat kaku. Dengan begitu seseorang dapat bernyanyi dengan santai dan lancar.

2. Bernafaslah Dalam-Dalam Dan Teratur Saat Menyanyi

Perlu diketahui bahwa pola pernafasan normal yang biasanya terjadi adalah pernafasan yang pendek dan cepat. Hal tersebut dikarenakan, tubuh tidak terlalu membutuhkan banyak oksigen. Sedangkan saat bernyanyi, tubuh harus membutuhkan banyak oksigen.

Jadi saat menyanyikan sebuah lagu daerah Kalimantan Utara yang berjudul Bebilin, seseorang harus menghirup udara yang banyak secara cepat dan menghembuskannya secara perlahan dan teratur sembari menyanyikan lagu Bebilin.

3. Berlatih Menyanyi Secara Rutin Dan Teratur

Bagi seseorang yang ingin menyanyikan lagu Bebilin dengan benar, maka berlatihlah menyanyi lagu Bebilin secara rutin dan teratur. Dengan menyanyikan lagu Bebilin secara berulang-ulang, maka nantinya seseorang dapat menyanyikan lagu Bebilin dengan jelas dan beresonansi.

Saat berlatih bernyanyi, alangkah baiknya untuk mengundang pelatih vokal. Pelatih vocal tersebut nantinya akan memberikan saran, masukan serta arahan yang benar dalam hal menyanyikan lagu daerah Kalimantan Utara yang berjudul Bebilin.

4. Melakukan Pemanasan Sebelum Menyanyi

Sama seperti seorang atlet, seorang penyanyi juga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum menyanyi. Hal tersebut bertujuan agar saat bernyanyi, seorang penyanyi tidak merasa tegang. Jadi nantinya, seseorang dapat menyanyikan lagu Bebilin dengan lancar tanpa adanya perasaan tegang. Latihan pemanasan sebelum menyanyi yang dapat dilakukan antara lain bergumam dan menggetarkan bibir juga lidah.

Perlu diketahui bahwa bergumam dapat mengaktifkan nafas tanpa membuat pita suara lelah. Sedangkan menggetarkan bibir dan lidah bertujuan untuk memanaskan rahang dan mulut. Cara agar dapat menggetarkan mulut dan rahang adalah dengan memanjangkan suara huruf “R”.

5. Gunakanlah Perasaan Dan Penghayatan Yang Baik

Perlu diketahui bahwa lagu Bebilin ini adalah sebuah lagu yang mengandung nasehat. Jadi untuk dapat menyanyikannya, seseorang harus menggunakan perasaan. Hal tersebut bertujuan agar si pendengar dapat menikmati lagu dan dapat langsung menangkap isi dari lagu tersebut. Selain itu, saat menyanyikan lagu daerah Kalimantan Utara berjudul Bebilin ini, seseorang juga harus sangat menghayati.

Penghayatan tersebut merupakan suatu hal yang sangat penting dalam bernyanyi. Lagu akan tambah sempurna jika sang penyanyi yang membawakan lagu tersebut menyanyi dengan penghayatan yang baik. Para pendengar akan langsung terbawa dan menikmati lagu tersebut saat penyanyi bernyanyi dengan penuh penghayatan.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang informasi Kalimantan Utara serta makna dan cara menyanyikan lagu daerah Kalimantan Utara yang baik dan benar. Dengan begitu, maka diharapkan generasi sekarang dapat lebih mencintai lagu-lagu daerah agar warisan kebudayaan daerah tidak tergerus oleh zaman.

Lagu Daerah Kalimantan Utara