Lagu Daerah Kalimantan Selatan

4 min read

lagu daerah kalimantan selatan

Lagu Daerah Kalimantan Selatan – Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari suatu daerah yang diciptakan oleh masyarakatnya untuk menyampaikan sebuah pesan. Lagu daerah semakin populer karena tidak hanya dinyanyikan oleh masyarakatnya saja. Melainkan oleh masyarakat dari daerah lain yang suka dengan lagu tersebut. Salah satu lagu daerah Kalimantan Selatan yang populer di Indonesia adalah Ampar-Ampar Pisang.

Siapa yang tidak kenal dengan lagu daerah Kalimantan Selatan tersebut. Lagu ini diajarkan saat berada di bangku sekolah dasar. Tidak hanya lagu dari Kalimantan Selatan saja yang diajarkan, melainkan lagu daerah dari seluruh Indonesia.

Lagu daerah saat ini sudah mulai luntur seiring berkembangnya zaman. Apabila tidak ada lagi generasi penerus bangsa yang tidak mengenal lagu daerah, maka akan hilang secara perlahan adat dan budaya di Indonesia. Maka dari itu perlu pembelajaran lagu daerah pada usia dini.


 Manfaat Mempelajari Lagu Daerah Sejak Dini

Lagu Daerah Kalimantan Selatan

Memperkenalkan lagu daerah dari berbagai daerah di Indonesia sejak usia dini memberikan berbagai manfaat anak. Diantara lain adalah:

1. Mengenal Aneka Ragam Budaya

Indonesia terkenal akan beragam budayanya. Sudah seharusnya masyarakat Indonesia melestarikannya. Salah satu wujud pelestarian budaya adalah dengan memperkenalkan ragam budaya Indonesia kepada anak-anak.

Melalui lagu daerah merupakan salah satu bentuk pengenalan budaya yang dapat dengan mudah diterima oleh anak-anak. Dengan pengenalan lagu daerah, lambat laun juga dapat mengenalkan adat istiadat yang ada di daerah tersebut kepada anak-anak. Dengan hal tersebut, lagu daerah tidak akan hilang ditelan zaman.

2. Mengambil Pesan Yang Positif

Lagu daerah tentunya memiliki pesan yang ingin disampaikan untuk masyarakat Indonesia. Pesan yang disampaikan juga mengandung nasehat yang baik bagi siapapun yang mendengarkan lagu daerah.

Mengenalkan lagu daerah dengan menyampaikan maknanya kepada anak, maka karakter anak akan menjadi lebih baik. Tidak hanya pesan saja yang dapat disampaikan, melainkan kisah cerita dibalik lagu daerah juga dapat membentuk pribadi anak sejak usia dini.

3. Mengenal Alat Musik Tradisional

lagu daerah dari berbagai daerah memiliki alat musik yang khas. Alat musik dari daerah satu dengan daerah lain akan berbeda. Dengan mempelajari lagu daerah, maka akan mengetahui alat musik yang digunakan dari daerah tersebut. Semakin banyak lagu daerah yang dipelajari, maka semakin banyak pula wawasan tentang alat musik yang digunakan.

4. Mengenal Bahasa Daerah Lain

Setiap mempelajari lagu daerah yang berbeda, maka rasa penasaran untuk mengetahui arti lagu tersebut akan muncul. Setelah rasa penasaran muncul, tindakan selanjutnya yang dilakukan adalah mencari tau apa arti lagu daerah tersebut. Saat sudah mengetahui arti lagu daerah, maka anak akan tau bahasa daerah dari masing-masing lagu daerah tersebut.

5. Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Tanah Air

Lagu daerah yang beragam menjadikan anak tau betapa banyaknya bahasa dan budaya yang ada di Indonesia. Anak akan mengetahui bahwa Indonesia ini luas dan tidak akan ada habisnya mempelajari budaya maupun bahasa yang sudah ada di Indonesia.

Rasa bangga dan cinta terhadap  tanah air, harus ditanamkan sejak usia dini. Salah satunya dengan mempelajari lagu daerah.

6. Manfaat Kelestarian Budaya Indonesia

Manfaat yang paling penting dalam mengenalkan lagu daerah kepada anak-anak adalah untuk melestarikan budaya. Budaya yang ada di Indonesia sangat beragam dan perlu dilestarikan. Hal yang mudah untuk melestarikan budaya adalah dengan mempelajari lagu daerah.

Mempelajari lagu daerah tergolong mudah. Yaitu dengan menyanyikan lagu daerah, kemudian mempelajari budayanya. saat mempelajari budaya di Indonesia maka hal selanjutnya adalah memperkenalkan di kancah Internasional dan bersaing dengan budaya asing.

Masuknya budaya asing di Indonesia tidak sedikit masyarakatnya mulai meninggalkan budaya yang ada di Indonesia. Meskipun budaya asing yang masuk ke Indonesia tergolong baru, akan tetapi masyarakat Indonesia lebih memilih untuk mempelajari budaya asing dibandingkan dengan budaya negerinya sendiri.

Dengan hal tersebut, lambat laun warisan budaya di Indonesia mulai luntur. Jika tidak di mulai dengan memperkenalkan lagu daerah, budaya Indonesia yang lainnya juga tidak akan dapat disentuh oleh generasi muda. Oleh karena itu sangat penting memperkenalkan lagu daerah kepada anak-anak.

Lagu daerah dari setiap daerah memiliki bahasa dan makna yang berbeda. Salah satunya adalah lagu daerah dari Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan terkenal dengan lagu daerahnya yang berjudul Ampar-Ampar Pisang.

Baca Juga: Lagu Daerah Bali


Makna Lagu Daerah Kalimantan Selatan

Lagu Daerah Kalimantan Selatan

Ada beberapa lagu daerah dari Kalimantan Selatan yang memiliki makna tersendiri. Makna tersebut pastinya memiliki pesan  yang ingin disampaikan kepada masyarakat, diantaranya adalah

Baca Juga: Lagu Daerah Ambon

1. Ampar-Ampar Pisang

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi dihurung bari-bari
Masak sabigi dihurung bari-bari
Mangga lepak mangga lepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya canculupan
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya canculupan
Jari kaki sintak dahuluakan masak
Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi dihurung bari-bari
Masak sabigi dihurung bari-bari
Mangga ricak mangga ricak
Patah kayu bengkok
Tanduk sapi tanduk sapi kulibir bawang
Nang mana batis kutung dikitip bidawang

Lagu daerah dari Kalimantan Selatan ini sangat populer dan selalu dinyanyikan. Karena liriknya yang mudah dihafal dan pembawaan lagunya yang ceria, membuat masyarakat Indonesia senang menyanyikan lagu ini.

Lagu Ampar-Ampar Pisang merupakan lagu yang diciptakan oleh Hamiedan AC. Lagu tersebut tercipta secara tidak sengaja dan hanya sebagai gurauan saat masyarakat Kalimantan Selatan sedang membuat kue atau makanan yang berbahan dasar pisang.

Ampar-Ampar Pisang memiliki arti yaitu cara membuat kue atau makanan dari pisang.  Makanan yang berasal dari Kalimantan Selatan ini biasa disebut dengan rimpi. Cara membuat rimpi adalah dengan menyusun pisang atau diampar, kemudian dijemur dibawah sinar matahari hingga hampir membusuk, mengeras dan mengeluarkan bau yang khas.

Lagu Ampar-Ampar Pisang memiliki makna yaitu, pada saat menyusun dan menjemur makanan yang terbuat dari pisang. Pisang tersebut  banyak dikerubuti dengan binatang kecil yang biasa disebut bari-bari. Binatang tersebut suka dengan aroma pisang yang sedang dijemur.

Untuk akhir lagu Ampar-Ampar Pisang juga memiliki makna yaitu, pada zaman dahulu ada binatang  yang ditakuti oleh anak-anak Kalimantan Selatan. Binatang tersebut adalah biawak. Dalam lirik dikitp bidawang merupakan arti yaitu digigit biawak.

Lagu Ampar-Ampar Pisang digunakan masyarakat Kalimantan Selatan untuk menakuti anak-anak kecil yang suka mencuri pisang yang masih dijemur.

2. Paris Berantai

Wayah pang sudah hari baganti musim
Wayah pang sudah
Kotabaru gunungnya Bamega
Bamega umbak manampur di sala karang
Umbak manampur di sala karang

Batamu lawanlah adinda
Adinda iman di dada rasa malayang
Iman di dada rasa malayang
Pisang silat tanamlah babaris
Babaris tabang pang bamban kuhalangakan

Tabang pang bamban kuhalangakan
Bahalat gununglah babaris
Babaris hatiku dandam kusalangakan
Hatiku dandam kusalangakan
Burung binti batiti di batang
Di batang si batang buluh kuning manggading
Si batang buluh kuning manggading

Kacilangan lampulah di kapal
Di kapal anak Walanda main komidi
Anak Walanda main komidi
Malam tadi bamimpilah datang
Rasa datang rasa bapaluk lawan si ading
Rasa bapaluk lawan si ading

Kasiangan guringlah sabantal
Sabantal tangan ka dada hidung ka pipi
Tangan ka dada hidung ka pipi

Lagu Paris Berantai merupakan lagu tentang kerinduan seseorang kepada kekasihnya. Dalam setiap lirik lagunya terlihat jelas pengungkapan isi hati seseorang yang tak ingin terpisahkan dengan kekasihnya. Lagu tersebut juga menceritakan suasana kampung halaman yang telah lama ditinggalkan.

3. Sapu Tangan Babuncu Ampat

dimakan api
Saputangan babuncu ampat sabuncunya dimakan api
dimakan api
Luka nang di tangan kawa dibabat
Luka nang di hati hancur sekali

Tabang bamban jangan diparit mun diparit buang ka sumur
buang ka sumur
Tabang bamban jangan diparit mun diparit buang ka sumur
buang ka sumur
Rindang panggandang jangan diharit
Lamun diharit mambawa umur

Lagu daerah ini menggunakan bahasa Banjar. Liriknya yang sedikit, mudah diingat oleh masyarakat. Lagu ini memiliki makna, yaitu menghimbau masyarakat agar berhati-hati untuk tidak menyakiti hati seseorang. Baik dalam hal perkataan maupun perbuatan.

Sedangkan untuk orang yang merasa tersakiti hendaknya jangan disimpan sakit hatinya. Melainkan sakit hatinya harus dibuang agar hidupnya tidak merasa terbebani.

4. Anak Pipit

Anak pipit
Gugur matan di sarang
Ka tanah di sala rapun saray
Umay umay
Kada pang sampai hati
Malihat anak pipit ‘kan cilaka
Kasihani anak pipit
Ambili anak pipit
Jangan biarkan anak pipit
Dalam sengsara
Kasihani anak pipit
Ambili anak pipit
Jangan biarkan anak pipit
Dalam sengsara

Lagu Anak Pipit merupakan lagu tentang burung pipit yang jatuh dari sangkarnya dan mengajak untuk menolong burung pipit tersebut. Lagu daerah Kalimantan Selatan ini juga cukup populer dikalangan masyarakat.

Menyanyikan lagu daerah yang di Indonesia tidak ada ruginya bagi masyarakat Indonesia. Budaya yang ada di Indonesia perlu dilestarikan dan diperkenalkan di kancah Internasional. Maka dari itu menanamkan budaya Indonesia kepada generasi penerus bangsa sejak dini sangatlah penting.

Lagu daerah tidak hanya untuk dihafalkan saja, melainkan perlu untuk mempelajari budaya yang ada di daerah tersebut. Agar budaya yang ada di Indonesia tidak menjadi kenangan saja.

Lagu Daerah Kalimantan Selatan