Lagu Daerah Gorontalo : Sejarah, Ciri Khas dan Macam-Macam Judulnya

lagu daerah gorontalo

Lagu Daerah Gorontalo – Memasuki era milenial rasanya tidak heran jika lagu daerah mulai tergerus oleh zaman. Jangankan lagu daerah lain, lagu daerah milik sendiri saja sangat sedikit yang mengetahuinya.

Lalu apakah masih ada lagu daerah yang bertahan? Jawabannya ada, seperti contoh yang akan dibahas yakni lagu daerah Gorontalo.

Sebenarnya tidak hanya lagu dari Gorontalo yang masih bertahan namun, pembahasan kali ini akan spesifik membahas lagu dari salah satu Provinsi di Indonesia tersebut.

Gorontalo sebagai provinsi yang usianya masih termasuk muda ternyata memiliki banyak lagu daerah yang masih sering digunakan dalam acara-acara tertentu. Hal ini yang menyebabkan beberapa lagu daerah tersebut masih populer hingga sekarang.


Perbedaan antara Budaya Bugis dan Gorontalo

Lagu Daerah Gorontalo

Sebelum mengetahui lagu daerah Gorontalo ada baiknya untuk mengetahui kedua perbedaan ini. Kenapa? Karena Gorontalo yang terletak di Sulawesi Selatan sering dianggap memiliki kesamaan budaya satu sama lain. Hal ini tidaklah salah namun ternyata ada beberapa perbedaan di antara keduanya, dalam hal ini yang akan dibahas adalah lagu.

Perbedaan pertama yang harus diamati dari sebuah lagu tentu adalah bahasanya. Meski sama-sama berasal dari daratan Sulawesi tapi, bahasa daerah Gorontalo dengan Bugis berbeda. Hal yang paling dilihat adalah dialeknya. Terdapat perbedaan yang kental antara dialek keduanya.

Selanjutnya adalah lirik. Mungkin bukan hal yang spesifik namun jika diperhatikan lirik dalam lagu Gorontalo banyak yang berisikan tentang keindahan alam gorontalo, atau membahas salah satu tempat di Gorontalo. Jika lagu Sulawesi Selatan rata-rata menceritakan tentang kisah seseorang baik itu tentang romantisme, ataupun hubungan keluarga.

Baca Juga: Lagu Daerah Batak 


Lagu Daerah Gorontalo

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya tentang lagu daerah Gorontalo yang masih sering dipakai untuk acara. Maka kali ini akan diberikan daftar lagu-lagu tersebut yang mungkin bisa dijadikan rekomendasi untuk acara. Bisa untuk pertemuan, hajatan, atau bahkan upacara adat.

1. Hulunthalo Lipu’u

Saat mendengar lagu ini dalam versi aslinya maka suasana acara pernikahan akan langsung terasa. Melodi yang khas dengan sentuhan tradisional serta sedikit nuansa jazz. Tapi jangan salah ternyata lagu ini menjadi lagu wajib daerah yang wajib dinyanyikan pada setiap pertemuan di Gorontalo. Baik yang bersifat regional maupun nasional.

2. Tilola Malo Wololo Walolo

Lagu ini termasuk ke dalam lagu daerah Gorontalo yang terkenal dengan keromantisannya. Tapi, jangan sampai menggunakan lagu ini di acara pernikahan yah, karena lagu ini ternyata memiliki makna yang sedih. Berkisah tentang patah hati yang dialami oleh seseorang karena sang kekasih pergi meninggalkannya.

3. Dabu-Dabu

Menceritakan tentang salah satu pulau yang terletak Di Gorontalo lagu ini menjadi lagu populer daerah Gorontalo. Hal ini dikarenakan lagu ini sering dinyanyikan oleh para murid, dan para anak daerah saat mereka masih kecil. Jadi tidak heran bila berkunjung ke Gorontalo para traveler dapat mendengar lagu ini dari anak-anak sekitar.

4. Binde Biluhuta

Pernah terpikir untuk menjadikan makanan sebagai judul lagu? Maka lagu ini akan menjadi salah satu contohnya. Lirik dari lagu ini menceritakan tentang makanan khas daerah Gorontalo yakni Binde Biluhuta. Binde Biluhuta sendiri adalah sup jagung. Sehingga tidak heran jika pedagang makanan ini sering mendendangkan lagu ini, dan itu yang membuatnya menjadi populer.

5. Mayiledungga

Seorang penyanyi yang bernama Rama Aiphama pernah menyanyikan lagu ini, dan hal itu membuat lagu ini populer sampai sekarang. Mayiledungga sendiri memiliki arti “Telah tiba”. Dengan nada khas serta lirik yang sederhana membuat lagu ini masih populer bahkan hingga sekarang.

6. Mokarawo

Lagu selanjutnya adalah Mokarawo yang berarti membuat kerawang. Masyarakat Gorontalo sendiri menyebut Karawo sebagai kain tradisional mereka. Lagu ini cukup populer di kalangan masyarakat Gorontalo karena musiknya yang beralirkan irama Pop. Membuat lagu ini dapat dinikmati oleh semua kalangan.

7. Tobulalo Lo Limuto

Lagu ini memiliki arti di danau limboto yaitu sebuah danau yang berada di Provinsi Gorontalo. Danau ini memiliki keunikan yaitu merupakan muara bagi 23 sungai, serta langsung terhubung dengan laut. Sehingga tidak heran jika danau ini terkenal dengan keindahannya. Bila berkunjung ke danau ini tidak ada salahnya sambil mendengarkan lagu yang memiliki melodi menyejukkan ini. Sehingga jalan-jalan akan terasa lebih indah.

8. Burungi Moputi’o

Lagu ini memiliki melodi yang sangat enak untuk didengarkan. Sesuai dengan judulnya di dalam lagu ini akan diperdengarkan sedikit kicauan burung pada beberapa bagian. Dalam satu versi, lagu ini akan dibuka dengan instrumen terompet yang menenangkan. Bahkan saking populernya lagu ini, banyak yang menaruhnya ke dalam daftar lagu hits dari daerah Gorontalo.

9. Dana-Dana Chacha

Dancha atau dana-dana Chacha adalah lagu hits berikutnya asal Gorontalo. Lagu ini memiliki melodi yang ceria, sehingga membuat siapapun yang mendengarkan tidak tahan untuk tidak bergoyang. Dengan diiringi oleh alat musik khas Gorontalo membuat lagu ini hits, dan cocok dinikmati oleh setiap kalangan.

10. Nga’ami Matolimo’u

Lagu ini memiliki melodi tahun 90-an yang rata-rata didominasi dengan nada sendu yang mendayu. Namun tidak usah khawatir akan bosan bila mendengarkan lagu ini, karena lagu ini pada beberapa bagian memiliki melodi yang menjadi candu. Bahkan lagu ini menjadi lagu populer karena sering dinyanyikan ulang oleh penyanyi daerah setempat.

Baca Juga: Lagu Daerah Sulawesi Selatan


Penggunaan Lagu Daerah Gorontalo

 

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa Gorontalo memiliki lagu daerah yang masih populer hingga saat ini tentu hal itu disebabkan oleh sesuatu. Banyaknya masyarakat yang masih menggunakan lagu daerah pada acara-acara tertentu menjadi salah satu faktor penentunya. Masyarakat tersebut biasa menggunakan lagu-lagu ini dalam sebuah acara.

Acara yang biasanya menggunakan lagu daerah tentu upacara adat. Gorontalo sama seperti provinsi lainnya tentu memiliki upacara adat yang khas. Dalam beberapa upacara adat biasanya akan digunakan lagu daerah sebagai pengiring. Selain upacara adat, masyarakat Gorontalo juga sering menyanyikan lagu daerah sebagai lagu mars yang sering dikumandangkan di sekolah, dan beberapa instansi terkait.

Selanjutnya ada acara yang paling banyak menggunakan lagu daerah adalah pernikahan. Biasanya pernikahan antar sesama masyarakat Gorontalo ataupun jika hanya salah satunya yang berasal dari Gorontalo, pasti memutar beberapa lagu daerah yang cocok untuk pernikahan. Baik pernikahan tersebut menggunakan adat, maupun modern.
Lalu masyarakat Gorontalo juga masih sering mendendangkan beberapa lagu daerah di saat-saat tertentu. Bahkan anak-anak juga sering menyanyikan sepenggal lirik dari lagu daerah baik sebagai hiburan, maupun sebagai bagian dari permainan.

Ternyata lagu daerah tidak sekuno kesannya. Meski berasal dari daerah tapi nyatanya masih banyak lagu daerah yang populer bahkan dinyanyilan ulang oleh penyanyi nasional. Seperti beberapa contoh lagu daerah Gorontalo di atas. Semoga kondisi seperti ini terus berlanjut sehingga lagu daerah tetap terjaga kelestariannya dari generasi ke generasi. Hal ini juga sekaligus mencegah diklaimnya lagu daerah secara sepihak dan tidak bertanggung jawab oleh negara lain.

Lagu Daerah Gorontalo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *