Lagu Daerah Bengkulu – Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya. Bukan hanya kaya akan alamnya saja, lebih dari itu Indonesia pun kaya akan budayanya. Salah satu daerah yang kaya akan budayanya adalah Bengkulu.

Di daerah Bengkulu sendiri terdapat banyak sekali budayanya, baik itu budaya adat istiadat, makanan, rumah, bahkan lagu daerah Bengkulu pun sangat banyak sekali. Bagi yang penasaran dengan lagu daerah dari Bengkulu berikut ini penjelasannya.


Pengertian Lagu Daerah

Lagu Daerah Bengkulu -

Sebelum membahas lebih jauh mengenai lagu daerah dari Bengkulu, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu apa itu lagu daerah. Lagu daerah merupakan sebuah lagu yang berasal dari suatu daerah tertentu yang kemudian seiring berjalannya waktu lagu tersebut menjadi populer karena sering dinyanyikan oleh penduduk setempat.

Bentuk dari lagu daerah sendiri sangat sederhana, dan memakai bahasa daerah setempat. Isi dari lagu daerah sendiri biasanya berisi tentang tema kehidupan sehari hari. Sehingga lagu tersebut pun sangat mudah dipahami maknanya dan tentunya sangat diterima oleh masyarakat dari daerah setempat itu sendiri.

Sedangkan menurut sifat beserta keberasalannya sendiri, lagu daerah terbagi menjadi dua bagian. Yakni lagu rakyat serta lagu klasik. Lagu rakyat sendiri tersebar dengan cara yang alami yakni dari mulut ke mulut dan berlangsung secara turun temurun. Adapun contoh dari lagu rakyat sendiri biasanya meliputi lagu tentang pernikahan, berladang, menenun, berlayar, dan kematian.

Adapun lagu klasik adalah lagu yang dikembangkan di pusat pemerintah rakyat lama seperti halnya ibu kota, kesultanan atau kerajaan. Lagu sendiri dinilai lebih agung dibanding dengan lagu rakyat dalam membawakannya. Hal tersebut karena lagu klasik sendiri mempunyai fungsi untuk diterapkan di dalam upacara adat kerajaan.

Baca Juga: Lagu Daerah Maluku


Fungsi Lagu Daerah

Lagu Daerah Bengkulu -

Lagu daerah sendiri tidak serta merta hanya dibuat begitu saja. Lebih dari itu, lagu daerah pun dibuat karena mempunyai fungsi yang sangat penting. Adapun fungsi dari lagu daerah sendiri antara lain sebagai berikut.

1. Sebagai Media Hiburan

Seperti halnya dengan fungsi lagu yang lainnya, fungsi lagu daerah pun berfungsi sebagai media hiburan. Meskipun ada beberapa lagu daerah yang dibawakan pada acara acara tertentu seperti pernikahan, namun sebagian besar dari lagu daerah sendiri berfungsi untuk menghibur orang yang mendengarnya. Bahkan di zaman sekarang, lagu daerah sendiri sering digunakan untuk kegiatan senam, perayaan pesta, teater, drama, dan acara hiburan lainnya.

2. Meningkatkan Kecintaan Terhadap Budaya

Fungsi lagu daerah yang selanjutnya adalah meningkatkan kecintaan terhadap budaya. Karena jika lagu daerah senantiasa dinyanyikan serta senantiasa ditampilkan maka eksistensinya akan senantiasa terjaga dan terlestarikan. Semakin sering lagu daerah dinyanyikan maka keberadaannya pun akan senantiasa terjaga.

3. Sarana Komunikasi

Sarana komunikasi pun menjadi salah satu fungsi dari lagu daerah. Setiap penyanyi yang menyanyikan lagu daerah dengan penuh penghayatan serta perenungan makna lagu pun akan tersampaikan secara maksimal.

Selain itu dengan pembawaannya yang mendalam maka para pendengar pun akan mendapatkan makna lagu daerah secara kontan. Dengan begitu maka lagu daerah pun menjadi sarana komunikasi yang sangat baik untuk menyampaikan sebuah pesan.

4. Pengiring Tari Tradisional

Selain ke tiga fungsi di atas, lagu daerah pun berfungsi sebagai pengiring tari tradisional. Karena lagu daerah sendiri mempunyai ciri yang khas yang hampir sama karakternya dengan sebagian tari tradisional. Maka dari itu, lagu daerah pun berfungsi sebagai pengiring tari tradisional.

5. Identitas Negara

Dan fungsi lagu daerah yang terakhir adalah sebagai identitas Negara. Bukan satu atau dua saja lagu daerah yang pernah dibawakan di luar negeri. Namun banyak sekali lagu lagu daerah yang sudah dibawakan di kancah manca Negara. Maka tidak heran jika lagu daerah menjadi identitas bagi sebuah Negara.

Baca Juga: Lagu Daerah Minangkabau


Lagu Daerah Bengkulu Populer Yang Sarat Akan Makna

Lagu Daerah Bengkulu -

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, bahwa daerah Bengkulu sendiri mempunyai berbagai macam kebudayaan. Baik itu kaya akan budaya adat istiadat, makanan, bahkan lagu daerah dari Bengkulu itu sendiri. Di Bengkulu sendiri terdapat lagu daerah yang sangat popular. Adapun lagu daerah Bengkulu yang sangat populer diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lalan Belek

Oi lalan belek  –  oi lalan belek

lalan belek
Oi lalan belek  –   oi lalan belek
lalan belek

Kemak boloak si depeak
depeak nang au
Kemak dawen si lipet duwei
Lipet duwei

Kunyeu depoloak etun temegeak nang au
Belek asen ite beduei ite beduei

Oi lalan belek… oi lalan belek… lalan belek 2X

Amen ku namen repie epet nang au
Coa ku melapen eboak kedulo
Eboak kedulo

Amen kunamen idup yo peset nang au
Coa ku lak tu’un mai dunio
tu’un mai dunio

Oi lalan belek… oi lalan belek… lalan belek 2X

Amen ade seludang pinang nang au
Jano guno ku upeak igei
ku upeak igei

Amen ade bayang betunang nang au
Jano guno bemedeak igei
Bemedeak igei

Oi lalan belek – oi lalan belek – lalan belek 2X

Bilei iyo temanem tebeu nang au
Memen sebilei temanem seie
Temanem seie

Bilei iyo ite betemu nang au
Memen sebilei ite becei
Ite becei

Oi lalan belek – oi lalan belek – lalan belek 3X

Lagu daerah Bengkulu yang pertama adalah lalan belek. Lalan sendiri merupakan sebuah nama seorang bidadari yang berasal dari negeri kayangan. Selain itu lalan sendiri merupakan sebuah nama panggilan dari nawang wulan. Setiap baris pada lagu ini, kata lalan senantiasa diulang-ulang. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa lagu ini menyiratkan kisah bidadari yakni nawang wulan.

Berdasarkan dari cerita yang berkembang, bahwa lalan sendiri merupakan kata-kata ratapat yang terus dikeluarkan oleh bujang mengkurung. Bujang mengkurung sendiri merupakan seorang pemuda yang jatuh cinta pada lalan. Sebagai tanda kesedihan dari bujang mengkurung yang ditinggalkan oleh lalan. Maka bujang mengkurung pun terus menerus meneriakkan nama lalan.

Pertemuan mereka sendiri diawali dengan saat lalan bermain air di sebuah sungai yang tidak pernah dikunjungi oleh manusia. Namun dalam cerita rakyat lain, pasti senantiasa menyebutkan  bahwa setiap bidadari yang turun dari kayangan akan senantiasa meninggalkan pakaiannya saat mandi. Dan apabila mandi sudah selesai, maka para bidadari pun akan terbang kembali ke tempat asalnya.

Namun naasnya, lalan tidak bisa kembali ke kayangan setelah pakaiannya dicuri yang entah siapa pencurinya. Akibatnya lalan pun harus menjadi manusia bumi dan berakhir menikah dengan bujang mengkurung. Sedangkan pada akhir kisah, lalan mengetahui bahwa bujang mengkurung yang mencuri pakaiannya.

Lagu daerah lalan belek sendiri sangat kaya akan pesan moralnya yakni mengajarkan setiap manusia agar tidak berbuat curang dan berbohong kepada orang lain. Karena ke dua perbuatan tersebut akan menimbulkan malapetaka pada kehidupan. Maka dari itu, kejujuran pun seharusnya senantiasa di junjung.

2. Sekundang Setungguan

Amun kaba ndak berayak
Iluakla serempak
Betegak samau rampak
Tekedan badan ngulang

Jangan kaba langguak layau
Jangan kaba lupau
Ingatlah katau pesan
Sekundang setungguan
(kembali keawal)

Sekundang setungguan
Sepakat ngan serasan
Sekundang setu

Selain ke dua lagu daerah di atas, lagu daerah dari Bengkulu yang selanjutnya adalah sekundang setungguan. Sekundang setungguan sendiri merupakan lagu daerah dari Serawai, Bengkulu. Yakni merupakan salah satu lagu suku terbesar yang ada di Bengkulu.

Lagu sekundang setungguan sendiri mempunyai makna ajakan untuk semua orang dengan tujuan agar senantiasa bekerja sama dalam melakukan berbagai macam pekerjaan yang bersifat social.

3. Jibeak Weo

Lak muk mei coa de lapen
Ade lapen pucuk ubei
Lak betunak coa de lawen
Ade lawen semulen tuei
Lak betunak coa de lawen
Ade lawen semulen tuei

Jibeak we o, jibeak we o
Jibeak we o, o we o…
Jibeak we o, jibeak we o
Jibeak we o, o we o…

Anak kan seniep bae
Lak melapen silei cigei
Anaktun kenleak bae
Lak betunak caci cigei
Anaktun kenleak bae
Lak betunak caci cigei

Jibeak we o, jibeak we o
Jibeak we o, o we o…
Jibeak we o, jibeak we o
Jibeak we o, o we o…

Jibeak we o, jibeak we o
Jibeak we o, o we o…

Jibeak wao merupakan salah satu judul lagu daerah dari Bengkulu yang mempunyai arti jangan begitu. Lagu ini mempunyai makna agar manusia tidak sering mengeluh serta hilang akan semangat hidup. Selain itu, lagu ini pun mempunyai makna agar manusia yang hidup di muka bumi ini harus tetap bersyukur dengan apapun yang diberikan oleh Tuhan.

4. Pantai Malabero

 Pasang kering hari minggu pulo
Bujang gadisnyo pai bemain
Rami – rami diate karang
Elok nian pemandangan alamnyo

Taman laut ikan kek karangnyo
Hati siapo idak kan tenang
Badan litak ubek segiyo
Yoooo bemain….. bemain di tepi pantai malabero

Bilo pasang kering oy lemak nian
Pemandangannyo yang indah elok nian
Malabero pantai di Bangkahulu
La tekenal sejak jaman dulu
Tempek bemain beriang – riang hati sedih beganti senang

Lagu daerah dari Bengkulu yang selanjutnya adalah pantai malabero. Lagu pantai malabero sendiri menceritakan tentang keindahan dari pantai malabero itu sendiri. Yakni salah satu pantai yang menjadi unggulan dari daerah Bengkulu itu sendiri.

5. Ikan Pais

Ikan pais..
kelaponyo mudo..
dibungkus daun talas rapih-rapih
diikek tali meisyang…
ikan pais..
enak rasonyo..
makan kek nasi putih pane pane
ulam kek jering mudo
Rasonyo oii lemak nian
makan sebungkus samo samo
nasi sepiring sudah habis
raso nak nambuh
Rasonyo oii lemak nian
badan keringek rintik rintik
sambalnyo pede nambuh lagi
habis segalo

Selain ke lima judul lagu di atas, lagu daerah dari Bengkulu yang selanjutnya adalah ikan pais. Ikan pais sendiri menceritakan tentang keenakan serta kelezatan dari masakan khas daerah Bengkulu yakni ikan pais.

Itulah pengertian, fungsi, dan beberapa lagu daerah Bengkulu serta maknanya. Dengan adanya informasi tersebut pengetahuan mengenai lagu daerah pun semakin bertambah bukan. Dan semakin bertambahnya pengetahuan mengenai lagu daerah, menjaga kelestarian dari lagu daerah pun harus senantiasa dijaga dan dilestarikan.

Lagu Daerah Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like