Lagu Daerah Bali

4 min read

lagu daerah bali

Lagu Daerah Bali – Pulau Bali adalah salah satu pilihan tempat wisata terbaik yang ada di Indonesia untuk saat ini. Bali juga terkenal dengan berbagai keseniannya, baik itu lagu daerah Bali, tarian daerah dan masih banyak lagi.

Bali memang telah terkenal dengan kebudayaan dan adatnya yang khas. Kebanyakan kebudayaan tersebut masih terus dilestarikan oleh penduduk-penduduk setempat. Itu menunjukkan, bahwa penduduk setempat sangat berusaha supaya adat istiadat mereka ditakuti hilang karena zaman.

Kali ini, artikel ini akan membahas hal-hal yang menyangkut lagu daerah Bali. Di Bali sendiri banyak sekali lagu-lagu daerah. Maka dari itu, artikel kali ini akan menguraikan semuanya satu per satu.


Sejarah Lagu Bali

Menurut penelitian mengatakan bahwa, lagu daerah Bali itu muncul bersamaan dengan saat orang Bali itu ada. Hal itu didapatkan dari hasil penelitian dan wawancara yang dilakukan dengan para seniman Bali. Banyak orang-orang mengatakan bahwa pendapat ini adalah pendapat yang paling mendekati kebenaran.

Hal ini dapat dibuktikan dengan pemikiran sederhana seperti, seorang bapak yang bersenandung sambil menidurkan anaknya. Contoh lainnya adalah ibu yang merangkai sebuah kidung untuk menenangkan anaknya. Dan dari hal-hal semacam itulah dapat terbuat sebuah lagu daerah.

Hal itu jugalah yang membuat pencipta lagu daerah sering kali tidak diketahui identitasnya. Karena memang tidak setiap lagu diciptakan dengan rancangan tertentu terlebih lagu daerah yang banyak diciptakan secara tidak sengaja.

Baca Juga: Lagu Daerah Ambon


Ciri Khas Lagu Daerah Bali

Lagu Daerah Bali

Lagu daerah Bali memiliki ciri khas nada yang cepat dan saling berkesinambungan, berbeda dengan musik Jawa yang cenderung mendayu. Hal itu membentuk suatu komponen musik yang dinamis yang seakan dapat menggerakkan seluruh tubuh.


Makna Berbagai Lagu Daerah Bali

Lagu Daerah Bali

Setiap lagu daerah tentunya memiliki makna dan maksud tersendiri. Dibawah ini adalah makna yang tersimpan dalam lagu daerah Bali :

1. Memang Meong

Meong meong alih je bikule (2x)
Bikul gede gede
Buin mokoh mokoh
Kereng pesan ngerusuhin

Lirik dari lagu ini menceritakan tentang seekor kucing yang mencari seekor tikus yang selalu membuat masalah. Lagu ini juga dipakai untuk mengiringi sebuah permainan tradisional yang bernama meong-meongan. Cara melakukan permainan ini pun sama seperti yang ada pada lirik lagunya. Seseorang berperan sebagai seekor kucing lalu matanya ditutup, kemudian bertugas untuk menangkap teman yang berperan menjadi tikus.

2. Macepet Cepetan

Jani m’lati macepet-cepetan
Nanging limane tusing dadi matiang
Sejaba ento mekajang dadi
Nyenje kalah lakar gedhing

Lagu daerah Bali satu ini adalah lagu yang harus dinyanyikan dengan cepat, sesuai dengan judulnya. Lagu ini bercerita tentang penduduk setempat yang sangat bisa dicontoh oleh penduduk daerah lain. Perilaku yang patut dicontoh tersebut adalah cepat dan tegas dalam mengambil suatu tindakan yang menjadi keputusan. Lagu ini juga bertujuan untuk menonjolkan sisi positif yang dimiliki penduduk daerah setempatnya.

3. Putri Cening Ayu

Putri cening ayu ngijeng cening jumah
Meme luas malu kapeken meblanja
Apang ada darang nasi

Putri cening ayu ngijeng cening jumah
Meme luas malu kapeken meblanja
Apang ada darang nasi

Meme tiang ngiring nongos ngijeng jumah
Sambilan mangempu ajak titiang dadua
Ditekane nyen gapgapin

Meme tiang ngiring nongos ngijeng jumah
Sambilan mangempu ajak titiang dadua
Ditekane nyen gapgapin

Putri cening ayu ngijeng cening jumah
Meme luas malu kapeken meblanja
Apang ada darang nasi

Putri cening ayu ngijeng cening jumah
Putri cening ayu ngijeng cening jumah

Putri Cening Ayu adalah sebuah lagu daerah Bali yang tepatnya berasal dari Pulau Dewata. Lagu ini memiliki dua versi dalam maknanya. Makna pertama menyebutkan bahwa lagu ini bertujuan untuk menceritakan kasih sayang yang sempurna dari seorang ibu. Versi kedua dari makna ini adalah menceritakan seorang ibu yang memberikan tugas menjaga rumah kepada anaknya.

Tetapi, para seniman Bali lebih cenderung membenarkan versi kedua untuk makna lagu ini. Hal itu dikarenakan versi kedua adalah menceritakan lirik yang ada dalam lagi Putri Cening Ayu ini.

4. Ngusak Asik

Cai ketut demai rusuh
Bas kaliwat cai ngawe sakit hati
Cang sing demen.
Ngidih olas ketut pang enggal megedi.

Lagu selanjutnya ini memiliki genre yang sedikit berbeda dari lagu-lagu sebelumnya. Pada lagu ini liriknya menceritakan tentang sepasang remaja laki-laki dan perempuan. Seperti layaknya remaja, kedua remaja ini diceritakan sedang dilanda asmara cinta. Pada lagu ini juga diceritakan bagaimana mereka saat sedang pertama kali merasakan cinta, meski itu cinta monyet belaka.

5. Tari Bali

Sorak-sorai riuh rendah bunyi
Bermacam-macam bunyi tari ramai
Liwat gerbang dihias berpanji
Mengendarai kereta kuda kencana

Sorak-sorai tari dendang janji
Mengapa aku tidak turut pula
Pohon, burung, sungai ikut serta
Riang menyanyi tari menari

Para orang yang sedang mendengarkan lagu ini akan diceritakan tentang bagaimana tarian Bali. Seperti yang sudah diketahui oleh masyarakat luas bahwa provinsi Bali memang kaya akan kebudayaan terlebih dalam bidang seni tari. Maka dari itu diciptakannya lagu ini bertujuan untuk lebih memperjelas lagi keindahan dari berbagai tarian yang berasal dari Bali.

6. Jangi Janger

Jangi Janger,  sengsenge sengseng janger,

Sengsenge sengseng janger.

Serere nyomane nyore.

Kelap kelap ngalap bunga

Langsing lanjar pamulune nyandat gading

Jalan jani mejangeran

Seledet enyorina tiyang

Arasijang krangi janger, arasijang krangi janger

Arasijang krangi janger, arasijang krngi janger.

Jangi Janger,  Sengsenge sengseng janger,

Sengsenge sengseng janger.

Serere nyomane nyore.

Kelap kelap ngalap bunga

Langsing lanjar pamulune nyandat gading

Jalan jani mejangeran

Seriang ngentur rora roti.

Lagu ini biasanya dinyanyikan oleh para remaja baik remaja laki-laki maupun perempuan dengan jumlah yang seimbang. Biasanya lagu ini dipertunjukkan lengkap sekaligus dengan tarian yang juga. Jangi Janger ini diperkirakan muncul dan berawalan dari kegiatan bertani dan berkebun masyarakat setempat. Lagu dan tariannya dipertunjukkan untuk mengusir rasa lelah dan penat sehabis bertani, berkebun ataupun setelah selesai panen.

7. Dadong Dauh

Dadong dauh ngelah siap putih
Suba metaluh reka
Minab ada limolas taluhne
Nangih lacur ada nak nepukin
Anak cerik cerik
Anak cerik cerik
Keliwat usil ipun

Pada lagu ini diceritakan tentang tingkah kenakalan para anak-anak terhadap seorang nenek. Disini menjelaskan bahwa ada seorang nenek bersedih karena dirinya kehilangan telur karena ulah nakal anak-anak. Lagu ini juga dapat dijadikan bahan edukasi pada anak-anak bahwa tidak boleh bersikap kurang ajar pada orang yang lebih tua.

8. Juru Pencar

Juru pencar juru pencar
Mai jalan mencar ngejuk ebe
Be gede gede
Be gede gede
Di sawana ajaka liu

Kali ini, lagu yang berasal dari daerah Bali menceritakan tentang sebuah profesi. Juru Pencar artinya adalah nelayan yang menangkap ikan menggunakan ‘pencar’, pencarian sendiri adalah sejenis jaring untuk menangkap ikan. Disini juga memberi tahu para pendengarnya juga harus tetap bekerja meski suasana hati sedang tidak baik. Di lagu ini juga mengajarkan untuk lebih selektif lagi memilih pekerjaan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Lagu Daerah Sulawesi


Fungsi Lagu Daerah

Setelah mengetahui sejarah, ciri khas dan berbagai macam contoh lagu daerah Bali, pembaca juga perlu mengetahui apa fungsi dari lagu daerah tersebut. Dibawah ini dapat dilihat beberapa manfaat dari sebuah lagu daerah.

1. Media Pendidikan

Lagu daerah biasanya bersifat mengajarkan atau menceritakan sesuatu. Lagi daerah juga kerap kali menanamkan jiwa dan Budi pekerti yang bisa diterapkan oleh para pendengarnya. Itulah yang di sebut sebagai media pendidikan, secara tidak langsung lagu daerah memberikan edukasi pada setiap pendengarnya. Baik itu tentang Budi pekerti, cinta terhadap orang tua, ataupun keagungan Tuhan yang maha esa.

2. Media Hiburan

Pada zaman dulu musik tidak dapat dengan mudah ditemukan. Maka dari itu, banyak orang zaman dahulu yang bersenandung lalu secara tidak sengaja terciptalah sebuah lagu. Lagu-lagu itulah yang kemudian didendangkan untuk dijadikan sebagai sarana menghibur diri. Hal itu juga dilakukan untuk mengusir rasa bosan atau pun rasa lelah dengan kegiatan sehari-hari.

3. Menanamkan Kebudayaan

Pada dasarnya, di Indonesia beragam-ragam sekali budaya yang dapat ditunjukkan pada dunia luar. Namun sayangnya, pada saat ini tidak banyak orang mengetahui budaya di tanahnya sendiri. Anak muda saat ini cenderung lebih menyukai musik-musik barat, bukan musik-musik tradisional yang ada di daerahnya.

Maka dari itu peran lagu daerah disini adalah sebagai untuk terus menumbuhkan rasa cinta kebudayaan pada generasi muda. Supaya lagu daerah yang ada tidak habis dimakan waktu, atau tenggelam oleh musik-musik modern serta terus lestari ke depannya.

Lagi daerah adalah salah satu contoh kebudayaan Indonesia yang harus selalu terjaga kelestariannya. Karena, lagu daerah dapat mencerminkan keadaan dari daerah itu sendiri. Maka dari itu, disinilah peran anak muda sangat besar untuk tetap menjaga kelestarian lagu-lagu tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai lagu daerah Bali yang dapat menambah informasi para pembaca. Semoga artikel ini juga dapat menambah rasa cinta daerah sendiri sehingga lagu daerah dapat terus terjaga kelestariannya.

Lagu Daerah Bali