Lagu Daerah Apuse

4 min read

lagu daerah apuse

Lagu Daerah Apuse – Lagu daerah Apuse merupakan salah satu lagu daerah kebanggaan Indonesia yang berasal dari Jayapura, Papua. Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerah kebanggaannya masing-masing. Lagu daerah dinyanyikan dengan lirik bahasa daerah tersebut. Setiap lagu daerah memiliki makna yang sangat berharga bagi orang-orang yang tinggal di daerah tersebut.

Seperti halnya lagu Apuse yang sering diajarkan di setiap pelajaran musik di sekolah. Setiap orang pasti pernah mendengar lagu yang satu ini. Namun jarang sekali orang-orang mencari tahu makna dan arti yang terkandung pada lagu tersebut. Karena hanya diajarkan cara menyanyinya saja.

Padahal setiap lagu daerah memiliki makna yang sangat berarti apabila dikaitkan dengan kehidupan nyata. Lagu daerah Apuse ini memiliki lirik yang singkat dan sederhana. Dan juga mudah untuk dinyanyikan. Pada saat pelajaran musik di sekolah, lagu ini paling banyak dipilih untuk dinyanyikan karena tidak memiliki nada-nada yang rumit.


Asal Usul Lagu Daerah Apuse

Lagu Daerah Apuse

Hingga sekarang, pengarang lagu asli ini tidak diketahui. Yang jelas, pengarang lagunya berasal dari Jayapura. Begitu sering dinyanyikan di daerah Papua dan sudah banyak tersebar di semua daerah di Indonesia, membuat nama pengarang lagu ini tak banyak dicari. Di buku-buku kumpulan musik daerah pun, nama pengarang lagu ini ditulis No Name.

Lagu Apuse ini bercerita tentang seseorang yang ingin pergi ke Teluk Doreri, kemudian berpamitan dengan kakek neneknya. Teluk Doreri ini dulunya menjadi pelabuhan penting di Papua. Dan sering ada cerita tentang kapal karam yang melewati teluk ini. Maka dari itu, dulu lagu ini sering dinyanyikan bagi mereka yang ingin berpergian jauh.

Sekarang, lagu Apuse telah disebarluaskan di seluruh Indonesia melalui pembelajaran musik sekolah bersamaan dengan lagu-lagu daerah lainnya. Sayangnya memang lagu Apuse ini tidak diketahui pengarangnya. Meskipun begitu, yang terpenting lagu ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat Papua dan bisa dibawakan dengan senang.

Baca Juga: Lagu Daerah Sumatera Barat 


Makna Lagu Apuse Yang  Begitu Kena Di Hati

Lagu Daerah Apuse

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa lagu ini merupakan lagu yang singkat dan bermakna seorang cucu yang hendak berpamitan dengan kakek neneknya karena ingin pergi merantau. Lagu ini bermakna tentang bagaimana bakti seorang cucu kepada kakek dan neneknya yang telah merawatnya sejak kecil.

Sehingga sang cucu harus memohon restu kepada kakek neneknya demi kelancarannya dalam merantau. Mengingat Teluk Doreri di Monokwari jaraknya begitu jauh dan penuh tantangan. Lagu ini dapat mengajarkan bahwa sejauh apa pun seseorang ingin pergi merantau, berpamitan kepada orang tua yang telah merawatnya adalah sebuah keharusan. Berikut adalah pembahasan makna lirik-liriknya :

1. Baris Pertama,  Apuse Kokon Dao : Kakek Nenek Aku Mau

Jika dilihat dari lirik pertamanya Apuse kokon dao artinya Kakek Nenek aku akan pergi, bermakna bahwa sang cucu hendak berpamitan kepada kakek neneknya. Jika diilustrasikan secara nyata, sang cucu telah bersiap untuk berangkat pergi. Kemudian ia pergi menghampiri kakek neneknya untuk berpamitan.

2. Baris Kedua, Yarabe Soren Doreri : Pergi ke Negeri Seberang Teluk Doreri

Lirik pada baris kedua mengartikan tujuan perginya sang cucu. Teluk Doreri yang letaknya jauh menjadi tujuan kepergiannya. Sang cucu sudah tahu bahwa perjalanannya nanti akan penuh rintangan karena jaraknya yang cukup jauh. Maka ia memberitahu kakek neneknya kemana ia akan pergi agar sang kakek nenek bisa mendoakannya terus hingga lancar.

3. Baris Ketiga Wuf Lenso Bani Nema Maki Pase : Pegang Saputangan Dan Melambaikan Tangan

Lirik wuf lenso bani nema maki pase menandakan sang cucu sudah berangkat pergi dan kakek neneknya mengucapkan salam perpisahan  kepadanya. Memegang sapu tangan dan melambaikan tangan adalah simbol dimana ketika seseorang yang ditinggal pergi, ia menangis dan mengambil sapu tangan untuk mengusap air mata.

Kemudian sapu tangan dilambaikan dengan tangan untuk mengucapkan salam perpisahan. Hal ini menandakan kesedihan yang mendalam ketika seseorang harus rela dan ikhlas ditinggal pergi orang yang disayangi untuk merantau. Namun dengan keyakinan juga bahwa orang tersebut akan kembali karena tujuan merantau adalah untuk mengadu nasib.

4. Baris Keempat dan Kelima, Arafabye Aswarakwar : Kasihani Aku, Selamat Jalan Cucuku

Pada lirik terakhirnya yang diucapkan dua kali ini bermakna pada kakek dan nenek yang sedang mengucapkan salam perpisahan kepada cucunya. Dan berharap sang cucu dapat kembali dengan selamat. Makna inti dari lagu Apuse ini adalah tentang orang tua yang harus melepas pergi sang anak yang telah dewasa. Agar anaknya bisa melanjutkan mencari kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: Lagu Daerah Kalimantan Timur


Cara Menyanyikan Lagu Apuse Dengan Benar Dan Menyenangkan

Lagu Daerah Apuse

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Lagu Apuse memiliki lima baris lirik dengan untaian nada-nada musik yang sederhana. Kemudian lirik ini diulang-ulang beberapa kali. Begitu terus hingga musiknya habis. Lagu daerah juga bisa dinyanyikan tanpa musik. Di sekolah, murid-murid sering diajarkan menyanyikan lagu ini sambil bertepuk tangan tanda mengiringi nyanyian dengan nada.

Lagu ini juga selalu dinyanyikan bersama-sama dengan guru dan semua murid di kelas, bisa juga dinyanyikan secara berkolompok. Pertama-tama, berdiri dengan rapi membentuk barisan secara berderet.  Kemudian, lagu dinyanyikan dengan tangannya memperagakan melambai-lambai agar lagu ini bisa dinyanyikan dengan menyenangkan.

Setelah itu, lirik lagu Apuse bisa diulang-ulang sebanyak dua sampai tiga kali karena begitu pendeknya. Ada juga yang sampai lima kali. Jika menyanyikan dengan diiringi musik, sebaiknya mengulang lirik sebanyak dua kali saja lalu diberi tambahan jeda musik. Kemudian lirik lagu bisa dinyanyikan kembali.

Meskipun lagu ini bermakna sedih, cara menyanyikannya tetap harus dengan nada menyenangkan. Terutama bagi warga Papua. Karena merupakan lagu kebanggaan daerah yang menjadi simbolis Papua.


Lagu Apuse Dalam Kejadian Nyata Sehari-hari

Lagu Daerah Apuse

Bila dikaitkan dengan kehidupan nyata, cerita-cerita dalam lagu Apuse ini sering kali terjadi dan kaitannya erat dengan kehidupan sehari-hari. Ketika seorang anak hendak berpergian, tentu pasti akan berpamitan dengan orang tuanya sebagai bentuk baktinya kepada orang yang sudah membesarkannya.

Meskipun dalam lagu Apuse ini orang tua yang dimaksud adalah kakek nenek, dan bukan ayah ibu, lagu ini mengajarkan kepada semua anak pentingnya berhubungan dengan orang tua. Orang tua bisa siapa saja yang telah merawat seorang anak dengan baik dan penuh kasih sayang. Tidak harus selalu ayah ibu, bisa paman bibi, orang tua angkat, dan lain-lain.

Seringkali yang terjadi saat ini adalah banyak anak yang berpergian begitu saja tanpa berpamitan kepada orang tuanya. Dalam perjalanan jauh maupun dekat, seorang anak perlu untuk berpamitan dan memohon restu kelancaran dari setiap kegiatan yang dilakukan. Banyak anak yang menyepelekan hal ini dan langsung pergi tanpa bilang ke orang tua, padahal orang tuanya ada di rumah.

Padahal, restu dari orang tua yang telah merawat sang anak dari kecil sangat diperlukan agar setiap kali berpergian, urusan menjadi lancar. Jika dilihat dari kejadian nyata, banyak anak yang berpergian jauh tanpa berpamitan kepada orang tuanya, kemudian urusannya menjadi terhambat. Hal ini karena si anak tersebut tidak menghargai orang tuanya.

Demikianlah artikel mengenai lagu daerah Apuse asal Papua ini yang memiliki makna mendalam yang jarang diketahui orang-orang. Lagu ini benar-benar mengajarkan kepada semua anak agar selalu menghormati orang tua yang telah merawatnya dengan baik siapapun itu. Baik kakek nenek, paman bibi, ayah ibu angkat, dan lain-lain tidak hanya ayah ibu kandung saja.

Lagu Daerah Apuse

Lagu Daerah Palembang

Vera Apriani
5 min read

Lagu Daerah Maluku

Vera Apriani
5 min read

Lagu Daerah Lampung

Vera Apriani
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *