Kondisi Geografis Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara dengan letak yang cukup strategis, karena berada di antara dua samudra dan dua benua. Kondisi geografis Indonesia tersebut menjadikan negara ini sebagai negara kepulauan yang cukup besar. Selain itu wilayahnya yang di dominasi laut menjadikan Indonesia sebagai negara maritim.

Secara umum kondisi geografis Indonesia sangat menguntungkan bagi perekonomian dan pariwisata di Indonesia. Wilayahnya yang terbagi dalam kepulauan juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan flora dan fauna. Negara beriklim tropis ini memiliki kekayaan yang cukup melimpah dari berbagai sektor.


Kondisi Geografis Indonesia

Kondisi Geografis Indonesia

Secara umum, kondisi geografis merupakan keadaan suatu wilayah berdasarkan pada keadaan alam di sekitarnya. Kondisi geografis Indonesia yang sebagian besar wilayahnya didominasi oleh kelautan ini cukuplah strategis.

Selain terletak di antara dua benua dan dua samudra, Indonesia juga dilewati oleh garis khatulistiwa. Kondisi tersebut tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap keadaan alam di Indonesia serta persebarannya.

Baca Juga: sumber daya alam yang dapat diperbaharui


Letak Geografis Indonesia

Kondisi Geografis Indonesia

Letak atau posisi Indonesia secara geografis sangat berpengaruh pada berbagai hal. Terdapat beberapa faktor yang mendukung letak Indonesia secara geografis, yaitu astronomis, fisiologis, geologis, dan sosial budaya. Berikut uraian lengkap mengenai faktor yang mempengaruhi letak geografis Indonesia:

1. Letak Astronomis

Letak astronomis adalah kedudukan suatu wilayah berdasarkan garis bujur dan lintangnya. Diketahui letak astronomis Indonesia berdasarkan garis bujur dan lintangnya memiliki titik koordinat 6°LU-11°LS dan 95°BB-141°BT.

Titik koordinat yang membentang dari ujung Timur Indonesia hingga ujung Barat dan dari ujung Utara menuju ujung Selatan tersebut memberikan pengaruh terhadap kondisi geografis Indonesia. Diantaranya adalah perbedaan waktu di Indonesia yang digolongkan menjadi tiga, yaitu WIB, WITA, dan WIT.

2. Letak Fisiologis

Letak suatu wilayah berdasarkan kondisi fisiknya merupakan pengertian dari letak fisiologis. Indonesia secara fisiologis terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Selain itu Indonesia juga terletak di antara benua Asia dan Australia. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai wilayah perdagangan yang strategis. Secara fisiologis, Indonesia juga berhadapan dengan tiga zona laut, yaitu Samudra Pasifik, Hindia dan Laut Cina Selatan di bagian utara.

3. Letak Geologis

Letak geologis suatu wilayah berkaitan dengan struktur bumi. Berdasarkan struktur batuannya Indonesia terletak di antara tiga lempeng, yaitu Lempeng Pasifik, Australia, dan Eurasia. Kondisi ini menyebabkan Indonesia menjadi wilayah yang rawan akan gempa.


Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia

Kondisi Geografis Indonesia

Kondisi geografis Indonesia yang didominasi dengan perairan dan kepulauan juga mempengaruhi keadaan penduduk, cuaca, serta persebaran flora dan fauna. Berikut uraian singkat mengenai pengaruh kondisi geografis terhadap lingkungan fisik yang ada di dalamnya:

1. Keadaan Penduduk di Indonesia

Letak dan kondisi geografis suatu daerah tentunya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kehidupan penduduk di dalamnya. Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau memiliki tiga sektor utama sebagai mata pencahariannya, yaitu pertanian, perairan, dan perindustrian.

Wilayah Indonesia yang didominasi perairan menjadikan banyak penduduknya yang tinggal di daerah sekitar pantai bermatapencaharian sebagai nelayan. Sementara itu, banyaknya wilayah pegunungan menjadikan sektor pertanian di dataran tinggi cukup diminati. Bahkan sektor ini cukup mendominasi sebagai besar mata pencaharian penduduk.

Berdasarkan letaknya yang strategis, sektor perindustrian di Indonesia juga berkembang pesat. Perdagangan dan pertambangan menjadi salah satu sektor yang menghasilkan.

Kekayaan alam Indonesia memberikan banyak potensi yang dapat dimanfaatkan penduduknya. Salah satu yang paling digaungkan adalah dari pemanfaatan beberapa daerah sebagai lokasi pariwisata. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi penduduk.

2. Cuaca dan Iklim di Indonesia

Cuaca dan iklim di Indonesia dipengaruhi oleh tingkat curah hujan, arah angin, dan kelembapan udara. Kondisi geografis Indonesia yang terletak diantara garis khatulistiwa memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap iklim dan cuaca di Indonesia.

Secara umum Indonesia memiliki 3 iklim, yaitu musim (muson), tropis (panas), dan laut. Ketiga iklim tersebut memberikan pengaruh terhadap tekenan udara dan jumlah sinar matahari yang ada di Indonesia. Hal itulah yang menyebabkan Indonesia digolongkan ke dalam dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

3. Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Kondisinya yang luas dan terdiri dari berbagai pulau menyebabkan persebaran flora dan fauna di Indonesia berbeda setiap wilayahnya. Hampir setiap daerah memiliki flora dan fauna yang berbeda dan memiliki ciri khasnya tersendiri.

Kondisi alam yang berbeda pada setiap daerah tentunya mempengaruhi flora dan fauna yang tumbuh di dalamnya. Berdasarkan letak dan kondisi wilayahnya persebaran flora dan fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga golongan, yaitu tipe asiatis, australiatis, dan tipe peralihan. Keberagaman flora dan fauna tersebut menjadi salah satu kekayaan alam yang melimpah.

Baca Juga: pencemaran udara 


Dampak yang Ditimbulkan dari Kondisi Geografis Indonesia

Kondisi Geografis Indonesia

Kondisi geografis di Indonesia memiliki berbagai dampak di dalamnya, tidak hanya dampak secara positif tetapi juga dampak secara negatif. Berikut dampak yang ditimbulkan dari kondisi geografis di Indonesia:

1. Dampak Positif

Letak Indonesia yang strategi dan terdiri dari wilayah kepulauan tentunya memiliki berbagai dampak positif. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjadi Jalur Perdagangan Internasional. Posisi Indonesia yang diapit antara dua benua besar tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan. Salah satunya adalah di sektor perdagangan. Persilangan lalu lintas yang terjadi melalui Indonesia menjadikan perekonomian di Indonesia berkembang pesat. Hal ini tentunya merupakan keuntungan yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber ekonomi. Selain itu, sebagai jalur perdagangan internasional tentunya transportasi dan infrastruktur di Indonesia berkembang pesat.
  • Keberagaman Suku dan Budaya. Wilayah Indonesia yang terbagi menjadi beberapa pulau menjadikan banyaknya keberagaman. Hal ini dapat dilihat dari banyak suku yang ada di Indonesia. Keberagaman suku dan budaya juga melahirkan berbagai bahasa yang berbeda pada tiap daerahnya. Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan bahasa dan warisan budaya.
  • Kekayaan Sumber Daya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Hal ini dapat dilihat dari wilayahnya yang memiliki banyak gunung, sehingga menjadikan tanah di Indonesia menjadi subur. Selain itu, Indonesia yang didominasi perairan menjadikannya sebagai negara yang kaya akan hasil laut. Kondisi alamnya yang beraneka ragam dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata yang dapat meningkatkan perekonomian.

2. Dampak Negatif

Selain dampak positif kondisi geografis di Indonesia juga memiliki dampak negatif. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  • Persaingan Global. Sebagai jalur perdagangan dunia tentunya persaingan pasar di Indonesia cukup ketat. Hal itu tentunya akan berdampak pada perekonomian bangsa. Selain itu, persaingan global juga terjadi di bidang sosial budaya. Transportasi internasional yang strategis menjadikan budaya asing dapat dengan mudah masuk dan menggeser budaya lokal dari prioritas. 
  • Eksploitasi Berlebihan. Pertumbuhan penduduk yang tinggi dapat menyebabkan eksploitasi besar-besaran terjadi pada kondisi alamnya yang kaya. Baik terhadap lingkungan fisik maupun hasil bumi. Kegiatan pertambangan yang dilakukan berskala besar tentunya dapat merusak dan mempengaruhi kondisi alam Indonesia. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang buruk, seperti rawan banjir, longsor, dan berbagai bencana lainnya.

Demikianlah uraian mengenai kondisi geografis Indonesia. Pemahaman akan kondisi alam di Indonesia dapat digunakan untuk memaksimalkan dampak positif yang terjadi serta meminimalisir berbagai kemungkinan yang merugikan. Kondisi Indonesia yang kaya akan keberagaman tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu kebanggaan tersendiri.

Kondisi Geografis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like