Flora Dan Fauna Di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau, tak heran jika Indonesia juga mempunyai keanekaragaman hayati yang melimpah yang berupa flora atau tumbuhan dan Fauna atau hewan. Simak penjelasan berikut ini mengenai keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia.


Apa Itu Flora Dan Fauna

Flora Dan Fauna Di Indonesia

Istilah untuk menyebutkan tumbuhnya banyak jenis pohon disebut dengan flora. Sedangkan istilah bermacam-macam hewan biasa disebut dengan fauna. Flora dan fauna Indonesia dibedakan menjadi tiga, yaitu flora atau fauna asiatis, peralihan (asli), dan australis.

Flora dan fauna asiatis ditemukan di Indonesia bagian barat. Sementara flora dan fauna australis ditemukan di Indonesia bagian timur. Sedangkan flora dan fauna di Indonesia bagian tengah merupakan flora dan fauna asli Indonesia. Adapun dasar pembagian menjadi tiga wilayah ini didasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Alfred Russel Walace dan Max Wilhelm Carl Weber.

Baca Juga: pencemaran air


Flora Dan Fauna Indonesia Berdasarkan Pembagiannya

Flora Dan Fauna Di Indonesia

Indonesia selain kaya budaya, Indonesia juga kaya keanekaragaman hayatinya yang unik dan khas. Beranekaragam flora dan fauna yang dimiliki Indonesia membuat seorang ilmuwan untuk membuat pembagian sebagaimana berikut ini:

1. Flora Di Indonesia Bagian Barat

Flora yang ada di bagian barat Indonesia sebagian besar didominasi oleh vegetasi hutan hujan tropis. Hal tersebut disebabkan oleh kawasan Indonesia bagian barat mempunyai curah hujan dan kelembaban yang cukup tinggi. Jenis flora yang tumbuh pada kawasan ini memiliki ciri yang sama dengan benua asia pada umumnya. Ciri umum pada flora Asiatis adalah memiliki jenis tumbuhan berkayu dan berwarna hijau.

2. Flora Di Indonesia Bagian Tengah

Flora bagian tengah biasa juga disebut dengan flora daerah peralihan. Bagian Indonesia yang meliputi daerah peralihan adalah Pulau Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara. Bagian ini dibatasi oleh kedua garis yaitu garis wallece dan webber.

Ciri-ciri flora yang tumbuh disana adalah kawanan hutan lebat, hutan yang homogen, curah hujan sangat jarang. Selain itu sering juga ditemui hamparan luas Sabana dan Stepa.  Sabana merupakan sebuah hamparan padang rumput yang luas dengan tumbuhan berkayu, lalu Stepa merupakan sebuah tanah yang di atasnya tumbuh berbagai tumbuhan semak dan perdu.

3. Flora Di Indonesia Bagian Timur

Indonesia kaya akan berbagai tumbuhan tak terkecuali flora yang ada dibagian timur. Jenis tumbuhan yang ada di bagian ini nampak sangat berbeda. Ciri – ciri tumbuhan disana antara lain adalah didominasi dengan hutan hujan tropis dan curah hujan yang sangat tinggi.

4. Fauna Di Indonesia Bagian Barat

Tipe fauna atau hewan yang ada di Indonesia bagian Barat biasa disebut dengan tipe Asiatis, karena hampir sama dengan fauna asia. Bagian Indonesia yang merupakan daerah persebaran fauna bagian barat adalah pulau sumatra, Kalimantan, Jawa hingga bali. Batas persebaran fauna Asiatis sama dengan batas persebaran flora Asiatis yaitu dengan batas garis Wallace.

Adapun ciri yang dimiliki fauna daerah barat ini adalah banyak ditemukan mamalia dengan ukuran tubuh yang besar, ikan air tawar hingga ikan dengan warna yang sama dengan tempat tinggalnya, lalu berbagai jenis kera, dan beberapa burung walaupun tidak banyak jenisnya.

5. Fauna Di Indonesia Bagian Timur

Bagian ini biasa disebut sebagai fauna tipe Australis. Adapun lokasi penyebaran fauna tipe Indonesia Timur ini berada di timur garis Webber hingga batas Provinsi Papua dan Papua Nugini.

Ciri-ciri fauna Indonesia timur ini terlihat dari banyaknya bintang mamalia yang berukuran tubuh kecil,  binatang yang memiliki kantung, burung yang berbulu warna warni. pada daerah ini sangat jarang ditemui jenis kera dan ikan air tawar. Sedangkan ikan air tawar nya berbentuk lonjong.

6. Fauna Di Indonesia Bagian Tengah

Fauna yang berada di Indonesia bagian tengah sering disebut dengan fauna australis atau fauna peralihan. Pada daerah yang masuk kategori ini dibatasi oleh garis wallace dan garis webber.

Pulau dan kepulauan yang termasuk daerah persebaran fauna Indonesia tengah Sulawesi, NTT dan sekitarnya. Adapun ciri fauna yang ada di bagian tengah ini bersifat endemis yaitu jenis hewan yang hanya bisa dijumpai ditempat ini.

Baca Juga: pencemaran tanah 


Contoh Flora Dan Fauna Di Indonesia

Flora Dan Fauna Di Indonesia

Ada banyak Flora dan fauna yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia atas keindahan alam yang dititipkan Tuhan ini. Berikut ini berbagai contoh flora dan fauna khas yang dimiliki masing masing daerah di Indonesia:

1. Flora Dan Fauna Di  Pulau Jawa

Pulau jawa memiliki flora yang khas yaitu bunga sedap malam, sedangkan faunanya adalah elang bondol. Walaupun bunga sedap masih tergolong tumbuhan yang masih mudah ditemui, bukan tumbuhan yang terancam punah.  Namun tumbuhan ini menjadi flora khas jawa, terutama jawa Timur.  Sedangkan elang bondol adalah  fauna khas daerah Jawa, namun sayang keberadaan hewan ini terancam hampir punah.

2.  Flora Dan Fauna Di Sumatra

Sama dengan Pulau Jawa, pulau Sumatera juga memiliki flora dan fauna Indonesia yang khas. Banyak sekali tumbuhan dan hewan yang dijumpai di Sumatera. Namun flora khas daerah Sumatera adalah bunga bangkai raksasa.

Bunga dengan karakter bau menyengat ini termasuk kategori bunga yang dilindungi di Indonesia. Adapun Fauna khas di daerah Sumatera adalah harimau Sumatera. Panthera tigris sumatrae atau bahasa latin dari harimau Sumatera ini merupakan hewan langka dan hari ini hanya tinggal satu subspesies harimau yang dimiliki Indonesia setelah kedua jenis harimau yaitu  Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dan Harimau Bali (Panthera tigris balica) punah.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa harimau Sumatera menjadi khasnya bagi pulau Sumatera itu sendiri. Fauna khas ini merupakan satu dari lima subspesies harimau Panthera tigris yang masih bertahan ada di dunia ini oleh karenanya kelestariannya menjadi tanggung jawab semua masyarakat.

3. Flora Dan Fauna Kalimantan

Flora dan fauna yang khas dari pulau Kalimantan ini ada Bunga Anggrek Hitam dan orang utan. Fauna Kalimantan berupa orang utan ini merupakan hewan endemik jadi hanya bisa ditemukan di daerah ini saja. Walaupun Kalimantan menyuguhi banyak bunga anggrek hitam di hutannya. Namun hari ini bunga anggrek hitam merupakan flora yang telah terancam punah. Kepunahan tersebut dikarenakan banyaknya manusia tak bertanggung jawab merusak habitat asli bunga ini.

4.  Flora Dan Fauna Di Sulawesi

Sulawesi merupakan daerah yang sangat populer dengan floranya yaitu kayu Eboni,  sedangkan faunanya burung Maleo. Bahkan kedua flora dan fauna ini telah menjadi simbol bagi pulau Sulawesi Tengah. Namun kini burung Maleo dan kayu Eboni masuk dalam kategori flora dan fauna endemik yang hampir punah.

5. Fauna Di NTT

Komodo atau biasa disebut dengan biawak komodo merupakan sebuah spesies kadang besar yang masih hidup. Komodo dijumpai di habitat aslinya karena ini adalah hewan endemik antara lain di pulau Komodo, Flores, dan daerah di sekitar Nusa Tenggara. Masyarakat sekitar menyebut Komodo dengan istilah Ora.

6. Flora Dan Fauna  Di Papua

Berbicara Papua, maka sudah bukan hal asing lagi dengan Burung Cendrawasih. Burung Cendrawasih mampu menjadi sebuah simbol khas daerah Papua. Keindahan yang dimiliki oleh burung diyakini merupakan bentuk cerminan dari keindahan Papua itu sendiri. Sedangkan buah merah merupakan sebuah tanaman atau flora yang khas di daerah Papua. Selain itu tanaman ini memiliki banyak khasiat dan bersifat endemik yang hanya temukan di Papua.

Itulah beberapa hal mengenai keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia beserta contoh dari pulau dan daerah di Indonesia. Melihat dan mengerti berbagai keanekaragaman hayati yang melimpah di Indonesia seharusnya membuat kita sadar akan rasa syukur dan berusaha tetap menjaga kelestariannya. Sehingga Orang utan Kalimantan, burung Maleo, hingga Burung Cendrawasih kekhasan dan keunikannya akan tetap bisa dinikmati generasi berikutnya.

Flora Dan Fauna Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like