Cabang cabang Biologi dan Objek Kajiannya, Lengkap dengan Penjelasan

cabang cabang biologi

Cabang cabang Biologi – Manusia adalah mahluk yang selalu ingin tahu. Tabiatnya terus mencari tahu segala sesuatu yang ada di sekitarnya dan yang ada dalam pikirannya. Hasilnya adalah ilmu.

Ilmu-ilmu saat ini demikian banyak luas dan mendalam, membentuk cabang-cabang sesuai yang dipelajarinya. Termasuk pula Biologi, saat ini telah terbentuk cabang cabang Biologi yang sangat banyak.

Sangat menarik kiranya mengetahui cabang cabang ilmu Biologi. Apalagi bagi mereka yang suka mempelajarinya dan berencana mendalami ilmu ini dengan serius. Bagi mereka yang sekedar ingin tahupun dipersilahkan. Tulisan ini akan memberikan gambaran mengenai cabang cabang biologi yang sudah berkembang sampai saat ini.


Pengertian Biologi

Cabang cabang Biologi

Sebelum masuk ke cabang-cabangnya, ada baiknya memahami terlebih dahulu tentang pengertian ilmu bilogi. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa biologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai mahluk hidup dan proses-proses yang melingkupinya.

Biologi ini termasuk dalam Ilmu Alam, yang berfokus pada membahas mengenai benda-benda yang hidup, alias mahluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan manusia. Hal yang dibahas dari biologi biasanya seputar oganisme mahluk hidup mulai dari struktur, fungsi, pertumbuhan, asal-muasalnya, evolusinya, persebaranya, dan klasifikasinya.

Dalam kajian-kajian mengenai perilaku mahluk hidup seperti dalam bidang psikologi dan ethologi, biologi tidak masuk terlalu dalam di sana. Biologi hanya membatasi pada kajian dari sisi biologis semata.

Baca Juga: hutan hujan tropis


Cabang cabang Biologi

Cabang cabang Biologi

Sebagai sebuah ilmu yang sudah cukup lama digeluti oleh umat manusia ilmu ini memiliki cabang-cabang yang sangat banyak. Banyaknya ini disebabkan karena manusia ingin meneliti lebih mendalam bagian-bagian dari ilmu ini, hingga tidak cukup jika dibahas menjadi satu dengan ilmu induknya, dan akhirnya membentuk disiplin ilmu baru. Berikut ini adalah beberapa contoh cabang ilmu biologi yang paling sering muncul dan diketahui masyarakat :

1. Zoologi

Zoologi ini adalah ilmu yang mempelajari mengani hewan, mulai dari klasifikasi, fisiologisnya, perkembangannya, perilakunya. Bidang kajian ini termasuk bidang yang cukup luas. Oleh karena itu berkembanglah banyak cabang lagi dari zoologi ini. Sub cabang dari zoologi seperti :

  • Arthropologi, yang mempelajari hewan-hewan arthropod (hewan berbuku-buku).
  • Ethologi yang mempelajari perilaku hewan,
  • Helmintholoi yang mempelajari cacing parasit,
  • Herprtologi yang mempelajari amfibi,
  • Ichthyologi yang mempelajari ikan.
  • Malacologi yang mempelajari hewan tak bertulang belakang
  • Mammalogi mempelajari tentang mamalia
  • Nematologi mempelajari tentang nematoda
  • Ornithologi tentang burung

Diantara sub cabang cabang biologi dalam zoologi diatas, Arthropologi masih terbagi lagi menjadi Acarology (hewan seperti kutu), Arachnologi (kalajengking, laba-laba), Entomologi (serangga), Carcinologi (udang, lobster, kepiting), Myrapodologi (lipan, kaki seribu). Entomologi juga masih terbagi lagi menjadi Coleopterology (Kumbang), Lepidopterology (kupu-kupu dan ngengat), Myrapodologi (semut).

Selain itu juga Mammalogi masih terbagi menjadi Cetologi (paus, lumba-lumba), Primatologi (primata), Biologi manusia (interdisiplin tentag populasi manusia), Biologi antropologi (interdisiplin yang mengkaji temuan antropolgi secara biologi).

2. Botani

Salah satu cabang cabang biologi yang cukup luas lainnya adalah Botani. Cabang ini mempelajari tentang tumbuhan. Sama seperti zoologi, bahwa Botani ini masih sangat luas, dan bisa terbagi menjadi berbagai sub cabang-cabang lagi. Beberapa Sub cabang ilmu botani antara lain.

  • Agronomi yang mempelajari penggunaan tumbuhan sebagai penyedia makanan, bahan bakar, kain dan reklamasi lahan
  • Bryologi yang mempelajari tanaman yang masuk dalam divisi bryophyta
  • Dendrologi yang mempelajari tentang tumbuhan-tumbuhan berkayu
  • Etnobotani yang mempelajari tumbuhan beserta penggunaannya dalam pengetahuan tradisional masyarakat.
  • Micologi yang mempelajari seputar jamur.
  • Lichenologi adalah cabang dari Micologi yang berfokus pada lumut.
  • Paleobotany mempelajari tentang mengidentifikasi fosil-fosil tumbuhan
  • Palynologi mempelajari mengenai spora
  • Ficologi mempelajari tentang alga
  • Fotobilogi mempelajari interaksi antara cahaya, radiasi non-ion dan mahluk hidup. Di dalamnya mempelajari fotosintesis ritme circadian, efek radiasi ultraviolet.
  • Fisiologi Tumbuhan mempelajari fungsi atau fisiologi dari tumbuhan.

3. Anatomi

Cabang Biologi yang ini mempelajari mengenai bentuk pada hewan, tumbuhan dan organisme lain bahkan termasuk di manusia. Sederhananya adala ilmu yang mempelajari tentang struktur internal dari organisme.

Ilmu ini juga memiliki cabang lagi. Ada Ilmu Perbandingan Anatomi, yang membahas tentang evolusi spesies melalui persamaan dan perbedaan dari anatominya. Ada juga Osteology, yang membahas tentang tulang. Lalu Osteomyoarthrology, tentang pergerakan apparatus termasuk tulang, sendi, otot, ligamen. Ada juga Viscerology, studi tentang organ. Serta Neuroanatomy, studi tentang sistem saraf.

4.  Fisiologi

Cabang cabang biologi yang lainnya adalah Fisiologi. Fisiologi ini mempelajari tentang cara kerja sebuah organisme. Fokus dari cabang ini adalah fungsi dan mekanisme dari mahluk hidup. Seringkali kajiannya mengenai bagaimana organisme, sistem organ, organ, sel dan biomolekul membawa zat kimia, serta bagaimana fungsi fisik dari sistem kehidupan tersebut.

Kajian-kajian utamanya terkait fenomena biofisika dan biokimia dari organisme. Serta keterkaitan kondisi homeostatis dan komunikasi antar sel dalam organisme tersebut. Maka dari itu kajian fisiologis sangat erat kaitannya dengan penyembuhan penyakit baik pada hewan maupun manusia.

Berdasarkan hal itu maka kajian mengenai fisologis dapat juga dibagi menjadi Fisiologi hewan (termasuk manusia didalamnya), fisiologi tumbuhan, fisiologi sel, dan fisiologi mikroba.

5. Ekologi

Cabang cabang biologi berikutnya adalah ekologi. Ekologi sering juga dikenal sebagai ilmu mengenai lingkungan hidup. Ilmu ini mempelajari tentang interaksi antara mahluk hidup dengan mahluk hidup lainnya dan juga dengan lingkungan sekitarnya.

Ekologi adalah ilmu yang cukup kompleks, karena bisa melibatkan berbagai kajian di cabang ilmu biologi lainnya. Tidak jarang pula berkaitan dengan ilmu di luar biologi terutama apabila terkait dengan perilaku manusia, dan pengaruhnya pada ekosistem.

Klasifikasi ekologi juga cukup kompleks bisa dibagi-bagi berdasarkan berbagai macam, seperti :

  • Ilmu Ekologi dibagi berdasarkan tingkat kompleksitasnya: Ekofisiologi, Ekologi Perilaku Mahluk Hidup, Ekologi Populasi, Ekologi komunitas, Ekologi Ekosistem, Ekologi Sistem, Ekologi Lingkungan
  • Dibagi berdasarkan mahluk yang diteliti: Ekologi hewan, Ekologi Perilaku Perilaku mahluk hidup, Biogeografi, Ekologi serangga, Ekologi Mikroba, Paleonkologi, Ekologi Tumbuhan.
  • Dibagi berdasarkan bioma: Ekologi Dasar Laut, Ekologi Gurun, Ekologi Gunung, Ekologi laut, Ekologi Perairan, Ekologi Urban
  • Dibagi berdasarkan area studi: Ekologi artik, Ekologi Kutub, Ekologi Tropis
  • Dibagi berdasarkan skala wilayah yang dipelajari: Ekologi Global, Lanskap Ekologi, Ekologi Spasial, Makroekologi, Mikroekologi, Ekologi Mekrobial, Ekologi molekular.

Baca Juga: Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui


Cabang Cabang Biologi Lainnya

Cabang cabang Biologi

Sebenarnya cabang biologi masih banyak dan masih dapat dibagi lagi menjadi sub-sub cabang biologi lainnya. Oleh  karena cukup banyak maka tulisan ini hanya memberikan namanya saja tanpa menjelaskan lebih lanjut.

  • Cabang Biologi yang mempelajari penurunan sifat bisa disebut Ilmu genetik.
  • Cabang Biologi berdasarkan ukuran yang diteliti ada Biologi Sel, Mikrobiologi, Biologi Molekular
  • Cabang Biologi terkait kesehatan ada Epidemiologi, Immunologi, dan lain-lain.
  • Cabang Biologi terkait mempelajari evolusi ada antaralain Biologi Pekemabangan Evolusi, Paleobiologi. Paleobiologi dibagi menjadi Paleoanthropologi, Paleobotani, Paleontologi, Paleopathologi.
  • Cabang ilmu biologi terkait dengan sistem saraf disebut Neurosain. Terbagi menjadi Neuoscience Selular, Neurosain Kognitif, Neurosain Komputasi, Neuosains Perkembangan, dll
  • Cabang-cabang ilmu Biologi yang interdisipliner dengan ilmu lain seperti Astrobiologi dengan luar angkasa, Biokimia dengan kimia, Biogeografi dengan geografi, Biofisika dengan fisika, Bioteknologi dengan teknologi.
  • Cabang Biologi yang menggunakan pendekatan ilmu lain untuk membahasnya spereti Biologi Teoritis yang menggunakan pendekatan model matematika sebagai cara mengkajinya. Biologi Sistem yang menggunakan model-model komputer untuk mengkaji biologi.

Berdasarkan penjelasan diatas nampak sekali bahwa cabang cabang biologi sangat luas dan mendalam. Siapapun yang hendak memasuki Biologi sebagai karir hidupnya dapat memiilih fokus yang demikian luas. Selain itu biologi tetap bermanfaat bagi kehidupan saat ini.

Cabang cabang Biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *