Pengertian WEB Adalah : Contoh, Jenis, Fungsi dan Menurut Para Ahli

Pengertian WEB

Pengertian Web – Secara umum, pengertian web adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam maupun gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik bersifat statis maupun yang dinamis dan membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait yang mana masing-masing dihubungkan dengan menggunakan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Web sendiri pertama kali dibuat oleh Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN) di Jenewa Swiss. Saat pertama kali diluncurkan web hanya berupa teks (hypertext). Tapi pada tahun 1993, NCSA (National Center for Supercomputer Applications) meluncurkan sebuah Graphical User Interface atau GUI yang diberi nama Mosaic.

Mosaic inilah yang kemudian memuat gambar yang sudah dilengkapi juga dengan link, audio, dan video. Hal ini yang lantas menjadikan web menjadi salah satu media yang paling populer sampai saat ini.


Pengertian Web Menurut Para Ahli

Pengertian Web

  1. Suwanto Raharjo

Pengertian web menurut Suwanto Raharjo adalah suatu layanan internet yang paling banyak dipergunakan dibanding dengan layanan lain seperti e-mail, news, gopher, dan ftp.

  1. Boone Thomson

Web diartikan sebagai media informasi yang kaya akan grafis dan saling berhubung satu dengan lainnya dalam internet yang lebih besar.

  1. Yuhefizer

Mendefiniskan web sebagai suatu metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa sebuah teks, gambar, suara, maupun video serta memiliki kelebihan untuk menghubungakn (link) satu dokumen dengan dokumen lain (hypertext) yang bisa diakses lewat sebuah browser.

  1. Hardjono

Pengertian web menurut Hardjono adalah sebuah media yang menyediakan fasilitas hiperteks untuk menampilkan data berupa sebuah teks, gambar, animasi, suara, dan data multimedia lainnya.

  1. Hanson

Hanson mendefinisikan web sebagai suatu system hypermedia yang berarea luas yang ditujukan untuk akses secara universal. Hanson juga mengatakan web merupakan suatu sistem yang menyebabkan pertukaran data di internet menjadi lebih mudah dan efisien. Lebih lanjut hanson menyebutkan jika web terdiri dari 2 komponen dasar, yakni:

  • Server Web

Server web adalah sebuah komputer dan software yang menyimpan sekaligus mendistribusikan data ke komputer lainnya melalui internet.

  • Browser Web

Browser web adalah software yang dijalakan pada komputer pemakai yang meminta informasi dari server web yang menampilkannya sesuai file data itu sendiri.

Baca Juga: Pengertian Managemen


Fungsi Web

Pengertian Web

Setelah tahu apa pengertian web, pertanyaan yang akan muncul adalah sebenarnya apa fungsi web itu sendiri? Secara umum web memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi Komunikasi

Karena dibuat dengan menggunakan pemograman web (server side), maka web memiliki fasilitas komunikasi, misalnya seperti web mail, chatting form, form contact, dan lain sebagainya.

  1. Fungsi Informasi

Web bisa dikatakan lebih menekankan fungsi informasi pada kualitas bagian kontennya. Sebab tujuan situs tersebut adalah ingin menyampaikan isinya.

  1. Fungsi Entertainment

Biasanya web yang difungsikan sebagai hiburan lebih banyak menggunakan animasi gambar dan elemen gerak yang bisa meningkatkan mutu presentasinya.

  1. Fungsi Transaksi

Web juga bisa dijadikan sebagai media transaksi bisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Artinya situs web mampu menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik.

Baca Juga: Pengertian Bank


Jenis-Jenis Web

Pengertian Web

Secara umum jenis web bisa dikategorikan menjadi:

  1. Website Statis

Yang dimaksud dengan website statis adalah website yang informasinya satu arah, misalnya seperti profil perusahaan.

  1. Website Dinamis

Website dinamis adalah website yang informasinya dua arah, misalnya media social seperti Facebook.

Sedangkan jika dilihat dari tujuannya, web bisa dikelompokkan menjadi:

  1. Alat Pemasaran

Saat ini media pemasaran tidak hanya menggunakan media cetak saja. Media elektornik semacam web juga bisa digunakan sebagai media pemasaran. Bahkan pemasaran melalui media internet seperti ini dirasa lebih efektif dan memiliki jangakaun yang lebih luas.

  1. Nilai Tambah

Media promosi dengan menggunakan web dirasa lebih murah dan lebih efektif jika dibandingkan dengan media promosi konvensional seperti brosur, koran, dan lain-lain.

  1. E-Commerce

E-Commerce ini merupakan suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu lewat sebuah transaksi elektronik.

  1. E-Learning

E-Learning bisa dipahami sebagai suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa melalui internet atau media jaringan komputer lain.

  1. Komunitas

Banyak juga situs web yang dibuat dengan tujuan para pengunjungnya bisa berkomunikasi secara bersamaan.

  1. Portal

Portal ini merupakan aplikasi berbasis web yang menyediakan sebuah akses suatu titik tunggal dari informasi online distribusi, misalnya seperti kanal berita, dokumen yang didapat melalui pencarian, dan link ke situs khusus.

  1. Personal

Personal situs umumnya merupakan sebuah situs yang bertujuan untuk mempromosikan atau menginformasikan tentang seseorang.

Di era berbasis digital seperti sekarang ini pastinya Anda semua sudah pernah memanfaatkan web. Namun sayangnya masih banyak yang belum tahu pengertian web itu sendiri.

Pengertian Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *