Pengertian Sistem Adalah : Contoh, Menurut Para Ahli dan Karakteristik

Pengertian Sistem – Anda pasti sering mendengar atau bahkan menggunakan kata sistem. Namun, apakah Anda tahu apa pengertian sistem? Banyak yang tahu tapi sulit untuk menjelaskan apa definisi dari sistem tersebut.

Tentu bukan hal yang aneh. Banyak yang merasakan apa yang Anda rasakan. Anda tahu sistem. Bahkah Anda tahu apa yang dimaksud dengan sistem. Akan tetapi, sulit bagi Anda untuk menjelaskan dengan kalimat.

Mungkin Anda perlu tahu definisi dari sistem itu apa. Dengan demikian, Anda tidak bingung untuk menjelaskan kepada orang lain.


Pengertian Sistem Ditinjau Dari Epistimologis

Pengertian Sistem

Wah apalagi ini? setelah sistem, ada lagi kata epistimologis.

Sebenarnya ini hanya istilah saja. Epistimologis itu kurang lebih artinya bahasa. Jadi, jika ada yang bilang apa itu pengertian sistem dari tinjuan epistimologis, itu artinya sistem akan dijelaskan dari tinjuan bahasa.

Dari segi epistimologi, sistem diambil dari bahasa Latin, Systēma. Di Indonesia, kata itu dipinjam dan diserap menjadi sistem.

Akan tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa sistem itu diambil dari kata Yunani, Sustēma. Sangat mirip dengan bahasa Latin, bukan?

Lalu, mana yang benar? Apakah sistem yang digunakan oleh orang Indonesia itu serapan dari Bahasa Latin atau Bahasa Yunani? Tidak ada yang tahu pasti kebenarannya. Akan tetapi, hal tersebut tidak perlu dipertentangkan. Pasalnya, entah itu serapan dari Bahasa Latin atau Bahasa Yunani, keduanya memiliki makna yang sama.

Systēma dan juga Sustēma itu menggambarkan interaksi di dalam sebuah entitas. Jadi, sistem itu dimaknai sebagai interaksi yang terjadi di dalam komunitas atau kelompok tertentu. Inilah pengertian sistem.

Sayangnya, definisi sistem secara epistimologis ini tidak cukup untuk menjelaskan pengertian pasti tentang sistem. Apalagi sistem tidak hanya digunakan dalam satu bidang tertentu. Ada sistem sosial. Ada juga sistem jaringan. Dan banyak lagi bidang yang menggunakan kata ini.

Oleh sebab itu, pengertian dari sistem ini perlu dijelaskan lebih lanjut. Dan dalam hal ini, para pakar di bidang masing-masing pun punya pendapat tentang apa itu sistem. Dan pendapat dari mereka tersebut dijadikan sebagai rujukan untuk menjelaskan definisi dari sistem.

Baca Juga: Pengertian Sepak Bola


Definisi Sistem Semakin yang Berbeda Oleh Para Ahli

Pengertian Sistem

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem sebenarnya memiliki pengertian atau definisi yang satu jika dilihat dari sudut pandang epistimologi. Hanya saja, definisi dari sistem ini menjadi meluas dan berbeda ketika digunakan di bidang yang berbeda.

Hal tersebutlah yang membuat adanya perbedaan antar pakar ketika mereka membuat pengertian sistem.

Colin Cherry

Colin Cherry adalah seorang ilmuan kognitif dari Inggris menjelaskan bahwa sistem merupakan keseluruhan yang terbentuk dari berbagai faktor. Jadi, menurut Cherry, sistem merupakan satu kesatuan yang awalnya dari banyak hal yang berbeda.

Jerry FitzGerald

Pengertian dari sistem yang dikemukakan oleh Cherry tersebut di atas masih agak kabur. Akan semakin jelas jika Anda mengetahui definisi sistem dari seseorang yang bernama Jerry FitzGerald. Ia mengatakan sistem merupakan jaringan kerja. Jaringan tersebut bisa berjalan karena prosedur sudah ditentukan. Satu prosedur dengan prosuder lain berkaitan. Dan semuanya saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang satu.

Harijono Djojodihardjo

Definisi sistem dari Jerry FitzGerald ini senada dengan pakar dari Indonesia, Namanya Harijono Djojodihardjo. Lebih sederhana lagi, Harijono mengatakan sistem sebagai gabungan dari beberapa obyek yang memiliki fungsi tersendiri. Dan obyek tersebut sudah menjadi satu kesatuan.

Dari beberapa pengertian sistem tersebut di atas, setidaknya ada 4 hal penting jika ada yang disebut dengan sebuah sistem.

Obyek

Di dalam sebuah sistem, harus ada obyek, entah itu sifatnya konkrit atau abstrak. Dan jumlah obyek tersebut tidak sedikit.

 

Atribut

Setiap obyek memiliki atribut. Dalam arti setiap obyek memiliki mutu sendiri. Dan itulah yang membuat sistem (yang terbentuk dari banyak obyek) memiliki atribut yang spesial.

 

Korelasi Antar Obyek

Dikatakan sistem jika obyeknya banyak dan saling berhubungan.

 

Lingkungan

Sistem ada karena memiliki lingkungan atau media.

Nah, sekarang Anda sudah bisa menjelaskan apa pengertian dari sistem.

Baca Juga: Pengertian Analisis


Contoh Sistem Yang Anda Di Sekitar

Pengertian Sistem

Sebenarnya, semua hal itu punya sistem. Sayangnya, sering kali sistem itu dikaitkan dengan teknologi. Mungkin ini disebabkan di dunia teknologi, kata sistem paling sering digunakan. Hal tersebut membuat pengertian sistem semakin sempit, yaitu hanya di bidang teknologi.

Salah satu contoh adalah sistem pemesanan tiket. Sekarang ini, jika Anda ingi membeli tiket pesawat atau kereta, Anda tidak perlu datang bandara atau stasiun. Pasalnya, sudah ada sistem pemesanan tiket online.

Ini semacam sistem pemesanan tiket di mana Anda hanya perlu menggunakan internet saja. Di mana saja, asal Anda punya device yang terkoneksi dengan interent, Anda bisa beli tiket.

Lalu, ada juga sistem layanan informasi akademik. Ini biasanya diterapkan oleh unversitas. Sistem ini dibuat agar pelayanan kepada mahasiswa semakin baik.

Pengertian Sistem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *