Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, KBBI, UU dan GBHN

2 min read

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Pengertian pendidikan menurut para ahli bisa memiliki cakupan yang sangat luas. Hal ini dikarenakan setiap ahli mengambil sudut pandang yang berbeda pada saat mendefinisikan pendidikan. Meskipun demikian, jika dipahami lebih mendalam lagi, ada benah merah antara definisi satu dengan lainnya.

Secara sederhana, pendidikan bisa dipahami sebagai peroses pembelajaran bagi peserta didik untuk bisa mengerti, paham, serta membuat manusia lebih kritis dalam berpikir. Selain itu pendidikan juga bisa dipahami sebagai setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara berpikir, merasa, dan tindakan.

Pendidikan juga bisa didefinisikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik. Artinya pendidikan dapat mengembangkan karakter lewat berbagai macam kegiatan, mulai dari penanaman nilai, pengembangan budi pekerti, nilai agama, pembelajaran nilai-nilai moral, dan lain sebagainya.


Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Agar supaya Anda lebih memahami apa itu pendidikan, di bawah ini adalah beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli, diantaranya adalah:

Plato

Plato mendefinisikan pendidikan sebagai bantuan perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan.

Aristoteles

Arstoteles mendefinisikan pendidikan sebagai upaya menyiapkan akal untuk pengajaran.

Ki Hajar Dewantoro

Pendidikan bisa dipahami sebagai tuntutan dan berkembangnya anak. Artinya pendidikan adalah upaya untuk menuntun kekuatan kodrat pada diri setiap anak supaya mereka mampu tumbuh dan berkembang sebagai manusia maupun anggotan masyarakat supaya bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam hidup.

Ahmad D. Mariamba

Pendidikan bisa dipahami sebagai bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik kepada peserta didik yang bertujuan untuk membentuk kepribadian yang utama baik secara jasmani dan rohani.

Driyarkara

Driyarkara menyimpulkan pendidikan sebagai suatu usaha dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke skala yang insani.

Dari pengertian pendidikan menurut para ahli pendidikan di atas, paling tidak Anda sudah memiliki gambaran singkat apa itu sejatinya pendidikan. Dan untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini ada beberapa pendapat lain berkaitan dengan pengertian pendidikan.

Baca Juga: Pengertian Otonomi Daerah


Pengertian Pendidikan Menurut KBBI

Pengertian Pendidikan Menurut KBBI

Menurut KBBI, kata pendidikan berasal dari kata ‘didik’ yang mendapat awalan ‘pe’ dan akahiran ‘an’, kata tersebut memiliki arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa pendidikan bisa diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang maupun kelompok orang dalam usaha untuk mendewasakan melalui upaya pengajaran dan pelatihan.


Pengertian Pendidikan Menurut Undang-Undang dan GBHN

Pengertian Pendidikan Menurut Undang-Undang dan GBHN

Untuk memahami apa itu pendidikan, selain melihat pengertian pendidikan menurut para ahli, Anda juga bisa melengkapinya dengan melihat pengertian pendidikan menurut Undang-Undang dan GBHN.

UU No. 2 Tahun 1989

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik lewat kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan untuk menyiapkan peranannya di masa yang akan datang.

UU NO. 20 Tahun 2003

Dalam UU NO. 20 Tahun 2003, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terancana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar supaya peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi-potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, akhlak mulia, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

GBHN

Di dalam GBHN, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan baik di dalam maupun di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

Baca juga: Pengertian Flowchart


Tujuan Pendidikan Menurut Para Ahli

Tujuan Pendidikan Menurut Para Ahli

Ki Hajar Dewantoro

Tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantoro adalah untuk mendidik anak supaya menjadi manusia yang sempurna hidupnya, artinya baik kehidupan maupun penghidupan manusia selaras dengan alamnya (kodratnya) maupun masyarakatnya.

Alamsyah Ratuprawira Negara

Tujuan pendidikan nasional harus diarahkan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang dibarengi dengan peningkatan kecerdasan, keterampilanm keahlian, serta berbagai aspek efektif seperti mempertinggi budi pekerti, mempertebal semangat kebangsaan, dan memperkuat kepribadian.


Tujuan Pendidikan dalam Prespektif Islam

Tujuan Pendidikan dalam Prespektif Islam

Abdurahman Saleh Abdullah

Tujuan dari pendidikan islam harus mampu membentuk kepribadian sebagai khalifah Allah SWT. atau sekurang-kurangnya mempersiapkannya ke jalan yang menuju pada tujuan akhir.

Langgulung

Tujuan pendidikan islam setidaknya harus mampu mengakomodasi 3 fungsi utama dari agama, yakni:

  • Fungsi spiritual yang berkaitan dengan aqidah dan iman
  • Fungsi psikologis yang berkaitan dengan tingkah laku individu
  • Fungsi sosial yang berkaitan dengan aturan-aturan yang menghubungkan manusia dengan manusia lain atau masyarakat.

Djunaidi Dhany

Tujuan pendidikan islam adalah:

  • Pembinaan kepribadian anak didik yang sempurna
  • Peningkatan moral, tingkah laku yang baik dan menanamkan kepercayaan anak didik terhadap agama dan Tuhan
  • Mengembangkan intelegensi anak didik secara efektif supaya mereka siap mewujudkan kebahagiaan di masa mendatang.

Itulah beberapa hal penting berkaitan dengan definisi pendidikan. Semoga ulasan singakat mengenai pengertian pendidikan menurut para ahli ini bisa semakin menyadarkan Anda tentang pentingnya sebuah pendidikan.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *