Pengertian Moral Adalah : Contoh, Etika, Macam macam dan Tujuan

2 min read

Pengertian Moral – Menurut kamus psikologi, pengertian moral mengacu kepada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau yang menyangkut hukum dan adat istiadat yang mengatur tingkah laku.

Artinya moral bisa dipahami sebagai suatu hukum prilaku yang diterapkan kepada setiap individu saat bersosialisasi dengan sesamanya sehingga bisa terjalin rasa saling menghormati antar sesama.

Secara umum moral bisa diartikan sebagai produk yang dihasilkan oleh budaya dan agama yang mengatur cara berinteraksi antas sesama manusia. Artinya istilah moral ini merujuk pada ucapan, tindakan, dan prilaku seseorang yang memiliki nilai positif di suatu masyarakat.

Pendapat lain mendefinisikan moral sebagai sesuatu yang berhubungan dengan prinsip-prinsip tingkah laku, budi pekerti, akhlak, dan mental, yang membentuk sebuah karakter dalam diri seseorang sehinga dapat menilai apa yang baik dan buruk.

Untuk bisa memahami moral itu sendiri, terlebih dahulu harus memahami struktur antropoligis yang ada dalam diri manusia. Struktur antropologis manusia sendiri terdiri atas jasad, ruh, dan akal. Artinya moral bisa dipahami sebagai kondisi pikiran, perasaan, ucapan, dan prilaku manusia yang berkaitan dengan nilai-nilai baik dan buruk.

Moral yang bahasa latinnnya adalah moralitas sebenarnya merupakan istilah manusia menyebut ke manusia lain dalam tindakan yang mengandung nilai positif di dalamnya. Jadi manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral, artinya manusia tersebut tidak bermoral atau tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya.

Secara ekplisit pengertian moral bisa dipahami sebagai hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu. Artinya tanpa moral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi. Jadi moral bisa dikatakan sebagai nilai keabsolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. Penilaian terhadap moral diukur dari kebudayaan dari masyarakat setempat.


Definisi Moral Menurut Para Ahli

Definisi Moral Menurut Para Ahli

Untuk memahami definisi norma secara lebih mendalam lagi, berikut ini adalah beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian moral. Adapun para ahli tersebut diantaranya:

Chaplin

Moral menunjukkan pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau yang berhubungan dengan hukum dan adat yang mengatur prilaku.

Hurlock

Hurlock memahami moral sebagai kebiasaan, tata cara, dan adat dari suatu peraturan prilaku yang sudah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya dalam masyarakat.

Sonny Keraf

Moral bisa digunakan sebagai dasar penentu tindakan yang dianggap baik dan buruk di dalam masyarakat.

A Mustafa

Moral sebagai penentuan dasar prilaku mana yang baik dan buruk melalui pengamatan pada perbuatan manusia sejauh akal pikiran mereka.

Baron dkk.

Moral adalah suatu yang berkaitan dengan pelarangan serta melalui hal tersebut bisa disimpulkan mana tindakan yang benar dan salah.

Baca Juga: Pengertian Remaja


Jenis dan Wujud Moral

Jenis dan Wujud Moral

Wujud moral dalam diri seseorang sebenarnya bisa dilihat dari penampilan dan perilakunya secara keseluruhan. Sedangkan jenis-jenis moral adalah sebagai berikut:

Moral Ketuhanan

Moral ketuhanan bisa dipahami sebagai semua hal yang berhubungan dengan keagamaan atau religius berdasarkan dari ajaran agama tertentu serta pengaruhnya terhadap diri seseorang.

Wujud dari moral ketuhanan misalnya melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan sebaik-baiknya. Beberapa pilaku yang menunjukkan hal tersebut seperti menghargai sesama manusia, menghargai agama dan pemeluk agama lain, hidup rukun dengan yang berbeda agama atau keyakinan.

Moral Ideologi dan Filsafat

Pengertian moral ideologi dan filsafat adalah semua hal yang berhubungan dengan semangat kebangsaan dan loyalitas kepada cita-cita bangsa dan negara.

Wujud dari moral ideologi dan filsafat ini misalnya menjunjung tinggi dasar negara Indonesia yakni pancasila. Beberapa prilaku yang menunjukkan hal tersebut seperti menolak ideologi asing yang ingin mengubah dasar negara Indonesia.

Moral Etika dan Kesusilaan

Moral etika dan kesusilaan bisa dipahami sebagai semua hal yang berkaitan dengan etika dan kesusilaan yang dijunjung masyarakat, bangsa, dan negara baik secara budaya maupun tradisi.

Baca Juga: Pengertian Zakat

Wujud dari moral etika dan kesusilaan contohnya seperti menghargai orang lain yang berbeda pendapat, baik dalam perkataan dan perbuatan. Contoh pilaku yang menunjukkan hal tersebut seperti mengucapkan salam kepada orang lain saat bertemu atau berpapasan.

Moral Disiplin dan Hukum

Moral disiplin dan hukum bisa dipahami sebagai segala hal yang berhubungan dengan kode etika profesional dan hukum yang berlaku di masyarakat dan negara.

Wujud dari moral ini contohnya seperti melakukan suatu aktivitas yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Contoh prilaku yang menunjukkan hal tersebut adalah selalu menggunakan perlengkapan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas pada saat berkendara di jalan raya.

Dari beberapa pengertian moral di atas bisa diambil kesimpulan jika moral adalah tentang suatu baik atau buruknya, benar atau salahnya perbuatan dan prilaku yang berkaitan dengan kesepakatan lingkungan sosial seseorang.

Pengertian Moral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *