Pengertian Energi Adalah : Contoh, Bentuk, Sifat dan Fungsinya

Pengertian Energi

Pengertian Energi – Secara umum, pengertian energi adalah suatu kemampuan yang dapat membuat benda melakukan suatu pekerjaan atau perubahan. Secara etimologis, kata “Energi” berasal dari bahasa yunani dan diadaptasi dari kata “ergon” yang berarti kerja.

Energi tidak akan bisa diciptakan ataupun dimusnahkan, tetapi bisa dirubah bentuknya. Merupakan bagian dari suatu benda tapi tidak terikat dengan benda itu sendiri.


Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Pengertian Energi

Dalam KBBI, energi dijelaskan sebagai daya atau kekuatan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Sementara menurut pendapat yang dikemukakan oleh para ahli, definisi energi cukup beragam. Yakni sebagai berikut:

Robert L. Wolke

Menurut penjelasan oleh Robert L. Wolke, energi adalah suatu kemampuan yang dapat membuat suatu hal terjadi.

Pardiyono

Seorang ahli bernama Pardiyono, berpendapat bahwa energi merupakan suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki sebuah benda.

Campbell, Reece dan Mitchell

Mengatakan bahwa pengertian energi ialah suatu kemampuan untuk mengatur ulang materi. Atau secara ringkasnya, energi adalah kapasitas atau kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan.

Mikrajuddin

Menyatakan pendapat bahwa definisi energi ialah kemampuan suatu benda untuk melakukan sebuah usaha.

Michael J. Moran

Energi diartikan sebagai suatu konsep dasar termodinamika dan salah satu elemen penting dalam analisis teknik.

Arif Alfatah dan Muji Lestari

Menurut keduanya, energi merupakan sesuatu yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia agar bisa melakukan suatu pekerjaan. Karena nyatanya, sebuah usaha yang dikerjakan pasti akan menghasilkan perubahan.

Alvin Hadiwono

Mengemukakan pendapat bahwa energi ialah sesuatu yang bisa bergerak dan juga memiliki hubungan dengan ruang dan waktu.

Albert Einstein

Definisi energi menurut Einstein diartikan sebagai suatu produk dari kuadrat dan massa kecepatan cahaya.

Aip Saripudin

Menyatakan bahwa energi adalah suatu kemampuan untuk dapat melakukan sebuah urusan atau bisnis.

Baca Juga: Pengertian Media Pembelajaran


Jenis-Jenis Energi

Pengertian Energi

Sumber energi terbesar berasal dari matahari, namun selain itu ada banyak sekali jenis energi lainnya. Yaitu sebagai berikut:

Energi Bunyi

Pengertian energi bunyi adalah energi yang dihasilkan akibat getaran partikel-partikel udara yang ada di sekitar sumber bunyi. Semakin kuat getarannya maka semakin besar pula energi bunyi dihasilkan. Contohnya ketika memukul gendang dengan keras, maka getarannya lebih kuat sehingga bunyinya lebih besar.

Energi Kalor

Energi panas atau kalor adalah energi yang dihasilkan akibat gerakan internal partikel penyusun suatu zat. Energi ini dapat mengakibatkan perubahan suhu maupun wujud suatu benda. Contohnya ketika memanaskan air dengan api, suhu api akan berpindah ke air dan membuatnya mendidih. Energi kalor juga dapat dipindahkan dengan tiga cara yaitu konveksi, konduksi dan radiasi.

Energi Cahaya

Energi cahaya adalah suatu energi yang dihasilkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik. Contohnya cahaya yang berasal dari lampu dan api.

Energi Kimia

Merupakan energi yang paling utama, energi kimia adalah energi yang dihasilkan akibat adanya interaksi kimia dari suatu reaksi kimia. Contoh sumber energi kimia adalah makanan yang kita makan sehingga saat pencernaan mencerna makanan maka reaksi kimia terjadi ditubuh.

Energi Mekanik

Energi mekanik merupakan energi yang terdapat pada benda bergerak, dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Energi kinetik, yaitu energi yang dihasilkan oleh suatu benda karena laju atau pergerakannya. Contohnya ketika semakin kencang mobil melaju maka semakin besar pula energi kinetiknya.
  • Energi potensial, yaitu energi yang dihasilkan oleh suatu benda karena posisinya. Contohnya ketika sebuah bola dilempar ke atas maka bola akan jatuh lagi kembali ke posisi awal.

Energi Nuklir

Pengertian energi nuklir adalah suatu energi yang dihasilkan dari reaksi inti yang terdapat pada bahan radioaktif. Jenis energi ini dibagi menjadi dua yaitu energi nuklir fisi dan nuklir fusi. Reaksi nuklir terjadi pada matahari, reaktor nuklir dan juga bom nuklir.

Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang dihasilkan dari muatan listrik yang bergerak melalui kabel. Energi ini merupakan yang paling dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan berbagai aktivitas.

Baca Juga: Pengertian Implementasi


Manfaat Energi Bagi Kehidupan

Pengertian Energi

Beberapa energi digunakan dalam berbagai bidang pada kehidupan sehari-hari. Adapun contoh-contoh pemanfaatan energi tersebut antara lain:

  • Energi listrik diubah menjadi berbagai bentuk energi lain yang diperlukan oleh manusia. Seperti diubah menjadi energi panas pada setrika, energi gerak (mekanik) pada kipas angin maupun energi bunyi pada bel.
  • Energi cahaya dari matahari diubah menjadi energi kimia seperti dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan.
  • Energi gerak diubah menjadi energi panas, biasanya terjadi pada dua benda yang bergesekan secara terus menerus. Seperti ban kendaraan yang selalu bergesekan dengan aspal.
  • Energi mekanik dari angin dan air diubah menjadi energi panas dan energi listrik untuk keperluan manusia.
  • Energi kimia diubah menjadi energi gerak pada makanan yang dikonsumsi hingga menjadi energi untuk beraktivitas.

Itulah ulasan singkat mengenai pengertian energi, jenis-jenis dan contoh manfaat energi bagi kehidupan. Kegunaan dan manfaat lain dari energi masih sangat banyak, karenanya pemanfaatan energi harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Pengertian Energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *