Pengertian Bola Voli : Peraturan, Waktu, Sejarah dan Teknik Bermain

2 min read

Pengertian Bola Voli – Sederhanannya, pengertian bola voli merupakan sebuah cabang olahraga beregu untuk menghasilkan skor sebanyak-banyaknya dengan cara menjatuhkan bola ke bidang lawan. Tim yang memperoleh skor tertinggi lebih cepat berhak memenangkan satu putaran. Dan ini akan dilakukan maksimal sampai 5 putaran.

Permainan bola voli ini dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Setiap tim dimainkan oleh 6 orang yang menempati bidangnya sendiri. Kemudian antara bidang dipisahkan oleh penghalang yang disebut dengan net.

Cara memainkannya adalah dengan melambungkan bola ke daerah lawan. Bola terus dijaga/dipantulkan menggunakan seluruh anggota tubuh. Dengan catatan, bola tidak menyentuh tanah ataupun berhenti.

Setiap pemain hanya diperkenankan untuk memantulkan bola satu kali saja. Jika menyentuh bola dua kali atau lebih secara urut, pemain dinilai melakukan pelanggaran. Dan tim lain akan memperoleh skor.


Pengertian Bola Voli Menurut Beberapa Ahli

 

Terdapat beberapa ahli yang menjelaskan tentang pengertian bola voli ini. Diantaranya adalah Mahfud Irsyada, Aip Syaifuddin dan Muhadi. Pendapatnya adalah sebagai berikut ini.

Mahfud menjelaskan kalau bola voli adalah jenis permainan olahraga beregu  yang dimainkan oleh lebih dari satu pemain. Masing-masing tim yang bermain diisi oleh 6 orang pemain saja.

Sementara Aip Syaifuddin dan Muhadi berpendapat kalau bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua regu. Setiap regu dimainkan oleh 6 orang pemain. Setiap regu akan berusaha untuk melewatkan bola melalui net ke bidang lawan, begitupula mencegah bola jatuh ke bidangnya dari tim lawan.

Sedangkan menurut Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia menjelaskan kalau pengertian bola voli merupakan satu jenis olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan yang dipisahkan dengan net. Cara memainkannya dengan melewatkan bola ke bidang lawan supaya bola jatuh ke lantai lawan. Dan masing-masing tim hanya diperkenankan untuk memantulkan bola 3 kali saja.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran


Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli ada 4 teknik yang harus dikuasai. Teknik ini menjadi satu kesatuan yang akan membuat permainan semakin baik. Diantara tekniknya adalah sebagai berikut ini.

Service

Service adalah permulaan dari setiap permainan. Setiap kali pemain akan memulai pertandingan, pemain akan melambungkan bola pertama ke tim lawan dari luar lapangan. Dan pemain yang melakukannya wajib memukulnya satu kali mengarah ke daerah lawan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam teknik service. Diantaranya adalah teknik atas dan bawah. Kalau teknik atas bisa dilakukan dengan memantulkan bola dengan posisi tangan di atas dada ataupun kepala. Bisa juga dilakukan dengan posisi tubuh berdiri ataupun melompat.

Sementara teknik bawah dilakukan dengan cara memantulkan bola yang mana tangan diayunkan dari belakang bawah. Posisi tangan terayun dari bawah saat bola dilambungkan dalam ketinggian tertentu. Setelah dirasa pas, tangan akan berkenaan bola dan bola memantul ke bidang lawan.

Passing

Dalam pengertian bola voli, Anda tentunya tahu bahwa permainan ini dimainkan oleh dua regu. Setiap regu hanya diperbolehkan menyentuh bola 3 kali, tapi tidak boleh berurutan saat menerima bola dari lawan.

Ilustrasinya adalah pemain satu melambungkan bola ke pemain kedua, kemudian dilambungkan lagi pada pemain ketiga. Begitu seterusnya, bergantian dengan pemain lawan.

Pengambilan bola dari lawan ini dinamakan dengan passing. Artinya, bola diambil dan diolah untuk dijadikan serangan ke daerah lawan. Tentunya, cara pengambilannya disesuaikan dengan teknik-teknik tertentu seperti teknik bawah ataupun atas sesuai posisi bola yang datang.

Spike

Spike atau smash adalah teknik serangan yang dilakukan oleh spiker untuk menjatuhkan bola ke bidang lawan setelah passing dilakukan. Hal ini bisa dilakukan bergantian dari masing-masing tim bila bola bisa diselamatkan oleh para pemain.

Blocking

Blocking sendiri adalah teknik untuk membendung serangan lawan. Blocking dilakukan untuk mencegah bola bergulir dari bidang lawan ke bidangnya sendiri. Dengan blocking sempurna, tim berharap supaya lawan tidak bisa menjatuhkan bola ke bidangnya untuk memperoleh poin.

Baca Juga: Pengertian MYSQL


Peraturan Permainan Bola Voli

Peraturan Permainan Bola Voli

Ada sejumlah peraturan dalam memainkan bola voli ini. Peraturan ini menjadi standar dalam permainan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Ukuran lapangan sekitar 9×18 meter dengan batas garis serang sekitar 3 meter dari net
  • Ketinggian net sekitar 2,43 meter (Putra) dan 2,24 meter (Putri)
  • Setiap tim yang bermain diisi oleh maksimal 6 pemain, dan minimal 4 pemain dalam satu putaran
  • Apabila pemain lawan kurang dari 4 pemain, tim dinyatakan kalah meskipun belum bermain
  • Setiap kali mendapatkan bola dari lawan, tim hanya diperkenankan untuk menyentuh bola maksimal 3 kali
  • Tim akan memperoleh nilai jika mampu menjatuhkan bola ke lantai/bidang lawan
  • Tim akan memenangkan satu putaran bila mampu mencapai nilai 25 terlebih dahulu
  • Bila nilai terakhir hampir sama seperti 24-25, maka penentuan pemenang ditentukan dengan memberikan jarak 2 angka semisal 24-26 dan seterusnya
  • Tim yang menang dalam pertandingan wajib memenangkan 3 kali putaran permainan

Kesimpulannya, permainannya mengharuskan setiap tim untuk berusaha menjaga bola di daerahnya sendiri sambil berusaha untuk menjatuhkannya di bidang lawan. Dengan menjatuhkannya di lantai lawan, tim bisa memperoleh nilai. Itulah kurang lebih yang dipahami dari pengertian bola voli.

Pengertian Bola Voli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *